Kabupaten Jombang, www.beritamadani.co.id – Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya melaksanakan kegiatan sertifikasi benih tebu jenjang Kebun Benih Induk (KBI) di Desa Curahmalang, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang. Rabu (14/9/2022).

Adapun benih tersebut berasal dari Kebun Benih Nenek (KBN) yang di produksi di Nursery Tebu Polbangtan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Benih berasal dari kultur jaringan yang di kembangkan di Nurseri Kabupaten Tuban milik BBPPTP Surabaya.

Benih KBI yang disertifikasi adalah bentuk kerjasama antara BBPPTP Surabaya dengan Kelompok Tani Krajan, sebagai pelaksana swakelola produksi benih tebu.

Sertifikasi dilaksanakan oleh UPTD Sertifikasi dan Pengawasan Mutu Benih Provinsi Jawa Timur. Sehingga benih yang akan diedarkan adalah benih yang bersertifikat dan berlabel.

Sebelum benih diedarkan untuk diberikan ke petani penerima manfaat bantuan Pemerintah, benih harus disertifikasi untuk memastikan kualitas dan mutu terjamin. Sertifikasi dilaksanakan dengan melaksanakan persyaratan teknis KBI, pemeriksanaan kebenaran varietas, kesehatan tanaman dan jumlah taksasi benih yang lolos secara spek teknis KBI tebu. (Tim Publikasi BBPPTP Surabaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Dewan Pimpinan APINDO Malang Raya Resmi Dilantik</strong>
Next post <strong>Kepala Kejaksaan Negeri Kota Malang Resmi Dijabat Edy Winarko</strong>