Jakarta, www.beritamadani.co.id – Bagi Anda yang sering belanja baik secara online melalui e-commerce atau di toko atau supermarket terdekat pasti sudah terbiasa dengan diskon yang biasa bertebaran, bukan? Hal ini dilakukan oleh para pelaku usaha untuk menggaet para pembeli agar selalu membeli di toko atau supermarket mereka secara terus-menerus dan menjadi pelanggan. Lalu apa sih pengertian pelanggan? Pelanggan menurut KBBI adalah orang yang membeli (menggunakan dan sebagainya) barang (surat kabar dan sebagainya) secara tetap. Jadi dengan adanya promo-promo yang diberikan, diharapkan calon pembeli dan pembeli akan menjadi seorang pelanggan tetap. Tahukan kamu ada Hari Pelanggan Nasional?

Setiap tanggal 4 September diperingati sebagai Hari Pelanggan Nasional atau disingkat dengan HarPelnas. Biasanya ketika HarPelNas tiba, sejumlah pelaku usaha memberikan diskon, bonus, promo, atau dengan cara membagikan bingkisan untuk mengapresiasi para pelanggannya. Sejarah dimulainya HarPelNas adalah ketika ada sebuah ide yang dicetuskan oleh seorang pengusaha yang berasal dari Solo bernama Handi Irawan dan disampaikannya pada masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri pada tahun 2003. Jadi, Tujuan HarpelNas adalah agar memompa semangat dan pelayanan perusahaan demi memuaskan pelanggan. Akhirnya, ide ini diterima karena momennya berbarengan dengan mulai diimplementasikannya UU Nomor 8 tahun 1999 secara luas di masyarakat. Pada kala itu, Presiden Megawati Soekarnoputri membuka perayaan Hari Pelanggan Nasional pertama kalinya dengan sekitar 200 direktur utama dari berbagai perusahaan. Manfaat HarPelNas sendiri bagi pelaku usaha adalah memberikan apresiasi terhadap para pelanggan tetap karena sudah mendukung usaha yang dijalankannya. Bagi para pelanggan dengan adanya diskon dan promo yang diberikan bisa memberikan peluang untuk membeli dengan harga yang lebih terjangkau pastinya.

Dari laman Instagram Hari Pelanggan Nasional yaitu @harpelnas, pada tahun 2022 ini tema HarPelNas yang diusung adalah “Menciptakan Pelanggan Sebagai Promotor”. Dengan adanya tema ini diharapkan agar selalu mendapatkan angin segar untuk membina hubungan yang intim dengan para pelanggan dan terus termotivasi untuk melayani pelanggan dengan sukacita. Lalu apa yang dimaksud dengan “Menciptakan Pelanggan Sebagai Promotor” pada HarPelNas 2022 ini? Masih dikutip dari laman Instagram yang sama, hal ini bisa dilakukan oleh para pelaku usaha untuk menarik banyak konsumen dengan pelanggan sebagai promotor bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan referral marketing, menjadikan konsumen sebagai Brand Ambassador, menerapkan affiliate marketing, dan memberikan insentif menarik. Semoga dengan adanya tema ini, mungkin Anda yang menjadi salah satu pelaku usaha bisa menggaet lebih banyak potensi calon konsumen, ya!

Setelah kita mengetahui sejarah dari HarPelNas, ada beberapa fakta menarik HarPelNas yang patut Anda ketahui juga seperti :

  1. Siapakah Handi Irawan? Ternyata Handi Irawan adalah pemilik Frontier Consulting Group yaitu sebuah perusahaan riset dan marketing yang dirintis pada tahun 1997.
  2. Apa arti dari maskot Hari Pelanggan Nasional? Jika Anda melihat maskot dari HarPelNas, maka Anda akan melihat maskot yang memperlihatkan sebuah wajah yang tersenyum dengan latar belakang hijau. Ini melambangkan kepuasan yang didapatkan pelanggan setelah belanja dna sekaligus memiliki arti kepuasan yang terukir dari pengusaha karena bisa memberikan barang dan jasa terbaik.
  3. Hari Pelanggan adalah milik Indonesia. Walaupun ditemukan oleh Handi Irawan dari Frontier, namun Hari Pelanggan ini bukan milik perusahaan swasta maupun BUMN saja, loh! Hari Pelanggan adalah milik nasional sehingga setiap perusahaan diharapkan dapat belajar tentang esensi dari Hari Pelanggan Nasional. Tujuannya adalah agar tercipta ekosistem di mana pelanggan puas, pelanggan loyal, sehingga perusahaan bisa maju yang akhirnya berdampak pada kemajuan dari negara itu sendiri.

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa HarPelNas pastinya berkaitan dengan diskon, promo, ataupun hadiah menarik lainnya. Anda juga tidak boleh melewatkan kesempatan promo Hari Pelanggan Nasional dari Blibli. Jangan lupa pasang pengingat dan sebarkan informasi promo Hari Pelanggan Nasional ini ke rekan dan keluarga Anda, ya!. (*/Red.BMK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Munculkan Sendang Sumberagung Sebagai Desa Wisata, Mas Dhito Beri Pesan Lewat Batu Prasasti</strong>
Next post <strong>Mas Dhito Rehab Pendopo Panjalu Jayati</strong>