Kota Batu, www.beritamadani.co.id – Jatim Kominfo Festival (JKF) yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jatim di Kota Batu resmi ditutup oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Kamis (28/7/2022) malam.

Acara yang berjalan selama 4 hari mulai Senin (25/7/2022) – Kamis (28/7/2022) sukses menyedot ribuan pengunjung. Dengan mengusung tema “Optimis Jatim Bangkit dengan Akselerasi Transformasi”, seluruh Dinas Kominfo se Jawa Timur menampilkan berbagai informasi berupa program-program Inovasi digitalisasi yang dikembangkan di wilayahnya masing-masing termasuk Kabupaten Kediri.

Stand Kabupaten Kediri yang menampilkan program, visi dan misi Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana ditampilkan agar masyarakat se Jawa Timur bisa mengetahui dan mengakses program digitalisasi yang telah dikembangkan di Kabupaten Kediri. Aplikasi “Halo Mas Bup” merupakan salah satu program tersukses yang dimililki oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.

“Sebagai aplikasi aduan masyarakat, seluruh warga Kabupaten Kediri diharapkan bisa ikut serta dalam program pembangunan dengan memanfaatkan aplikasi ini dengan sebaik-baiknya”, jelas Sri Ilham wahyu Subekti Kepala Dinas Kominfo Kab. Kediri saat berada di lokasi pameran

“Segala permasalahan yang ada ditingkat desa baik itu aduan insfrastruktur berupa jalan rusak, lampu penerangan jalan hingga pelayanan publik dapat segera melapor ke Hallo Mas Bup dan segera cepat ditindaklanjuti”, tambahnya

“Selain program aplikasi Halo Mas Bup masih terdapat banyak lagi aplikasi yang lainnya seperti Panji CorpU. Aplikasi ini digunakan untuk peningkatan kualifikasi, peningkatan Kompetensi, kinerja dan disiplin kerja ASN di lingkup Pemda Kab. Kediri”, tambahnya

Penutupan acara tersebut dihadiri Staf Ahli Gubernur bidang pemerintah, Dr. Andrianto yang mewakili Gubernur Khofifah tidak bisa hadir. Serta dihadiri kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Provinsi Jatim.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa melalui Staf ahli bidang pemerintahan, Dr. Adrianto mengatakan alhamdulillah pelaksanaan JKF di kota Batu berjalan dengan lancar, dan baik. “Saya mewakili Gubernur Khofifah mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah Kota Batu dan Kominfo Kabupaten/kota yang telah mendukung pelaksanaan JKF ini. Semoga kedepannya ada kolaborasi dan kerjasama untuk peningkatan pelayanan publik di Jatim,”kata Adrianto yang membacakan sambutan Gubernur Khofifah.

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya JKF ini bisa menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan pengelolaan informasi dan komunikasi, serta peningkatan pelayanan publik untuk lebih baik lagi. Dimana di masa pandemi ini digitalisasi pelayanan publik patut mendapat perhatian khusus.

Seperti diketahui, perkembangan teknolgi dan informasi terakhir ini telah menghasilkan kebiasaan baru yang tidak lepas dari digitalisasi. Sehingga membuat pemerintah terus menciptakan inovasi – inovasi terbaru untuk percepatan penyampaian informasi dan pelayanan publik. Misalnya dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dan integrasi satu data (sata) Jatim yang muaranya untuk percepatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat melalui big data yang terintegrasi.

Maka itu langkah kedepan yang perlu ditempuh yaitu, perlu ada sinergitas bersama kabupaten/kota se Jatim untuk membentuk ruang digital yang kondusif bagi masyarakat, dan beberapa waktu lalu Pemprov Jatim telah membentuk Komite Komunikasi Digital (KKD) yang bertujuan untuk mengawasi ruang digital yang sehat bagi masyarakat. “Oleh karena itu diharapkan Kabupaten/kota di Jatim untuk juga membentuk KKD ini,”pungkasnya.

Sementara itu Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Jatim yang telah memberikan kesempatan Kota Batu menjadi tuan rumah JKF. “Alhamdulillah adanya JKF banyak tamu datang di Kota Batu dan membawa berkah bagi pelaku UMKMnya, terima kasih Gubernur Khofifah serta Dinas Kominfo Jatim, serta kominfo Kabupaten/kota, dan selamat kepada para pemenang yang telah mengikuti lomba di JKF,”pungkasnya. ( Kominfo Kab.Kediri )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) Menggelar Grebeg Suro</strong>
Next post <strong>Sutiaji Memberikan Penjelasan KUA PPAS pada Rapat Paripurna DPRD Kota Malang</strong>