Grobyak Ikan di Sumber Gundi Diikuti 1200 Warga Desa Tanjung

Kabupaten Kediri, www.beritamadani.co.id – Warga Desa Tanjung melaksanakan tradisi Grobyak Ikan atau Rebut Ikan di Sumber Gundi, Desa Tanjung, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Sabtu (6/8/2022).

Grobyak Ikan ini dihadiri perwakilan Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Kediri, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Kepala Wilayah Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Koramil Pagu, Polsek Pagu, Kepala Desa Tanjung, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, beserta staf dan masyarakat sekitar Desa Tanjung .

Giat ini sudah menjadi tradisi juga merupakan kegiatan bersih desa, dan digelar setiap tahun pada bulan Suro. Kebetulan tahun ini berbarengan dengan Bulan Kemerdekaan. Sehingga sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Sejak Jam 05.30 WIB, warga Desa Tanjung, sudah bersiap-siap untuk mengikuti Grobyak Ikan di Sumber Gundi. Mereka berkumpul di perempatan jalan Desa Tanjung (sebelah barat Sumber Gundi, red), kemudian berjalan beriringan menuju Sumber Gundi.

Barisan paling awal diisi oleh sesepuh, pinisepuh, ajisepuh dan Perangkat Desa Tanjung diikuti oleh barisan pembawa buceng (tumpeng) dan masyarakat yang akan mengikuti Grobyak Ikan, dengan membawa peralatan penangkap ikan seperti pecak, susuk dan serok.

Sebelum memasuki area Sumber Gundi, warga diberi pita merah, sebagai tanda bahwa mereka benar-benar Warga Desa Tanjung, dan boleh mengikuti Grobyak Ikan ini. Karena selain Warga Desa Tanjung tidak boleh mengikuti acara ini.

Tepat Jam 7.00 WIB sebelum acara Grobyak Ikan dimulai, dilakukan selamatan yang dipimpin oleh sesepuh Desa Tanjung, dengan tujuan supaya selalu diberi hidayah dan keselamatan oleh Tuhan YME.

Kemudian, setelah acara selamatan selesai Don Vitho Kepala Desa Tanjung, diikuti oleh tamu undangan bersama warga, berjalan menuju bibir Sumber Gundi. Di tempat yang sama Camat Pagu mengambil ikan dari Sumber Gundi sebagai simbolis dimulainya acara Grobyak Ikan.

Setelah hitungan ketiga, Kepala Desa Tanjung bersama warga turun ke Sumber Gundi. Sebanyak 1200 orang warga turun ke sumber, dengan sangat antusias mengikuti acara Grobyak Ikan ini.

Bagi yang berhasil menangkap ikan paling besar bobotnya, akan mendapat hadiah uang sebesar Rp500 ribu dan Rp200 ribu. Akhirnya ikan paling besar yang berhasil ditangkap warga berbobot 16,5 Kg jenis ikan patin.

Don  Vitho  Kepala Desa Tanjung, saat ditemui www.beritamadani.co.id, menyampaikan bahwa Grobyak Ikan ini merupakan event tahunan, juga kegiatan Bersih Desa Tanjung.

“Grobyak Ikan merupakan event tahunan yang sekaligus agenda bersih Desa Tanjung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, dilaksanakan setiap bulan Suro,”pungkas Don Vitho. (Cakas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *