Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Waduk buatan (Bozem) bakal dioptimalkan untuk menjadi solusi atasi masalah banjir  Kota Malang. Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) menargetkan renovasi untuk pengembangan bozem akan segera selesai dalam kurun waktu lima bulan kedepan.

“Pengoptimalan bozem yaitu berupa pengerukan sudah dilakukan, seperti di daerah Kelurahan Blimbing. Selama ini endapan lumpurnya sudah tinggi. Nanti diharapkan bisa optimal dalam menampung air dan bisa menjadi solusi mengatasi banjir saat hujan deras di kawasan Jalan Borobudur dan sekitar persimpangan Blimbing,” ujar Diah Ayu Kusumadewi selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPRPKP Kota Malang,Kamis (30/06/22).

Selain pengoptimalan bozem sebagai penampung air, lanjut Diah Ayu Kusumadewi, bozem di kawasan Kelurahan Blimbing juga bakal dipercantik.

“Cuma nanti dibikin cantik kayak ada taman bermainnya yang bisa dibuat anak-anak, jogging track, serta kolam yang nantinya dapat pula dikembangkan sebagai area budidaya perikanan kota. Dan itu merupakan kolaborasi dengan warga, melalui beberapa usulannya. Pembangunan sudah berjalan satu bulan ini. Insha Allah target selesainya 5 bulan,” jelasnya.

Bahkan Diah memaparkan, bahwa kolam eksisting yang saat ini terlihat, akan ditambah kedalamannya. Sehingga kapasitas daya tampung bisa dua kali lipat. Bozem Blimbing direncanakan memiliki dimensi lebar lebih kurang 30,5 meter dengan panjang 39 meter dan kedalaman kolam sekitar 3 meter.

Sementara itu, Ketua RW IX Kelurahan Blimbing, Budi berharap pembangunan tersebut bisa segera terselesaikan. Dirinya khawatir keselamatan warga. Sebab bila hujan dengan intensitas tinggi turun, daerahnya selalu dilanda banjir.

” Warga mendukung karena memang ini sesuai dengan keinginan warga di sini,” pungkasnya.(Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Mas Dhito Komitmen Beri Lapangan Pekerjaan Penyandang Disabilitas di Pemerintahan
Next post Polres Kediri Kota Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan