Tips Mengatasi Biang Keringat pada Orang Dewasa

Jakarta, www.beritamadani.co.id – Biang keringat kerap melanda siapa saja setelah beraktivitas maupun saat terik matahari. Rasanya pasti tidak nyaman karena muncul ruam  kecil berwarna merah dengan rasa gatal seperti ada tusukan di kulit atau sensasi menyengat. Untuk mengatasinya, pakai cara mengatasi biang keringat secara alami sehingga tidak ada efek sampingnya.

Cara Mengatasi Biang Keringat yang Dialami Orang Dewasa

Biang keringat pada orang dewasa membuat rutinitas terganggu, bahkan membuat pekerjaan tidak maksimal. Agar terhindar dari biang keringat, Anda bisa menggunakan cara berikut:

1. Mengoleskan Minyak Jarak

Menurut beberapa sumber, minyak jarak efektif mengatasi biang keringat karena sifatnya mampu mengontrol produksi minyak berlebih di kulit. Cara menggunakannya mudah, oleskan minyak jarak pada kulit yang terkena biang keringat. Agar rasa gatal biang keringat hilang, tunggu beberapa menit sehingga khasiat minyak jarak meresap ke kulit.

Untuk pengobatan biang keringat, Anda bisa menggunakan minyak jarak secara rutin. Dengan begitu permasalahan biang keringat tidak kembali lagi.

2. Menggunakan Kompres Dingin

Kompres dingin menjadi cara mengatasi biang keringatsejak zaman dulu, cara tersebut cepat menghilangkan sensasi gatal dan menyamarkan ruam merah akibat biang keringat. Caranya pun mudah, gunakan kain bersih dan rendam pada air dingin. Jika ingin praktis, gunakan es batu yang dibungkus. Kompres pada ruam biang keringat sekitar 20 menit.

3. Menggunakan Obat Steroid Oles

Obat steroid oles aman mengatasi biang keringat orang dewasa karena mengandung anti peradangan yang meringankan gatal dan kemerahan. Obat tersebut bisa dibeli di Apotik dan aman digunakan untuk pengobatan luar, Anda cukup mengoleskan tipis-tipis di area ruam sebanyak 1 sampai 2 kali sehari.

Selama menggunakan obat tersebut, gunakan pakaian longgarsehingga salep tidak menempel di permukaan pakaian. Pakaian longgar, membantu Anda nyaman dan tidak memperparah sensasi gatal dan panas akibat biang keringat.

4. Minum Obat Antihistamin

Obat antihistamin bisa mengatasi gejala reaksi alergi dan mengurangi rasa gatal biang keringat. Sebelum menggunakan obat, Anda bisa konsultasi dengan dokter apakah obat tersebut aman untuk diri Anda atau tidak. Biasanya konsultasi diperlukan untuk seseorang dengan riwayat penyakit dan membutuhkan konsultasi dengan dokter secara rutin.

5. Oatmeal

Jangan salah loh, oatmeal menjadi bahan alami yang efektif mengatasi gatal dan peradangan pada kulit. Bahkan, oatmeal sudah dijadikan bahan utama perawatan kulit yang memiliki beberapa penyakit ringan.

Menurut beberapa sumber, kandungan di dalam oatmeal koloid memiliki aktivitas antioksidan dan anti peradangan yang ampuh mengatasi biang keringat.

Cara menggunakannya mudah, campurkan satu sampai dia cangkir oatmeal dengan air hangat. Lalu, gunakan air rendaman tersebut untuk mandi, sesuaikan suhu airnya agar tidak terlalu panas agar kulit tidak teritasi.

6. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya dijadikan cara mengatasi biang keringat sejak zaman dahulu karena memberikan kesejukan saat gel lidah buaya dioleskan pada kulit. Selain itu, aloe vera mengandung antiseptik sehingga mencegah infeksi pada kulit. Alhasil, biang keringat secara berangsur-angsur hilang karena kandungan pada lidah buaya.

Cara menggunakannya mudah, cukup kupas lidah buaya dan oleskan gel di area ruam yang bermasalah. Anda bisa mengambil gel menggunakan sendok dan di blender agar gel melekat kuat pada kulit.

7. Mandi Air Dingin

Mandi pakai air dinginmampu meringankan sensasi gatal dan panas menyengat akibat biang keringat. Sebelum mandi air dingin, Anda bisa anginkan tubuh dengan duduk di luar ruangan agar keringat hilang. Barulah Anda mandi dengan air dingin, jangan lupa gunakan sabun yang mengandung antiseptik sehingga gatal-gatal cepat hilang.

Selama mengalami biang keringat, disarankan mandi minimal 3 kali sehari agar keringat tidak menumpuk dan memicu biang keringat semakin parah. Anda bisa mandi pukul 5 pagi, saat siang dan sore hari sehingga biang keringat cepat hilang.

8. Menggunakan Handuk yang Lembut

Selain menggunakan bahan alami, usahakan menggunakan handuk yang lembut. Keringkan keringat dengan handuklembut saat tubuh mulai berkeringat sehingga terhindar dari biang keringat. Kini sudah banyak merek Handuk Murah yang berkualitas. Anda bisa membelinya di toko pakaian maupun pusat perbelanjaan terdekat.

Penyebab Biang Keringat

Walaupun sudah mengetahui pengobatan biang keringat, Anda harus mengenali penyebabnya. Terdapat beberapa faktor yang memicu biang keringat, diantaranya adalah:

– Iklim tropis

Iklim tropis dan cuaca yang panas menjadi pemicu utama terkena biang keringat, Anda harus menjaga kebiasaan baik selama cuaca panas. Diantaranya rutin mandi 3 kali atau 4 kali sehari, menggunakan sabun yang mengandung antiseptik, menggunakan bedak dengan kandungan untuk mengatasi biang keringat.

– Melakukan aktivitas fisik tertentu

Cara mengatasi biang keringat memang bisa dilakukan secara alami, tetapi bisa muncul berkali-kali jika melakukan aktivitas yang memicu keluarnya keringat berlebih. Salah satunya aktivitas tertentu seperti olahraga, bijaklah dalam olahraga dan kebiasaan setelah olahraga agar biang keringat tidak muncul.

Biang keringat bisa kembali kapan saja dan menyerang tanpa batasan usia, untuk itulah perawatan kulit harus dilakukan. Anda bisa membeli pengobatan biang keringat melalui offline maupun online, salah satunya melalui Blibli. Blibli adalah marketplace terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai produk, salah satunya pengobatan biang keringat.

Walaupun belanja online, Anda tak perlu ragu karena Blibli menjamin kepuasan konsumen. Bahkan produk bisa dikembalikan jika pihak penjual salah mengirimkan pesanan, Anda bisa mengajukan return atau pengembalian barang yang tertera di bagian produk yang akan dibeli.

Untuk proses pembayarannya pun mudah, jika ragu dengan produk bisa menanyakan terkait produk melalui menu chat di toko penjual. Penjual siap menjawab semua pertanyaan saat penjual online, Anda pun tenang belanja di Blibli. Hebatnya lagi, Anda bisa mengetikkan cara mengatasi biang keringat pada kolom pencarian untuk mendapatkan produk mengatasi biang keringat. (*/Red.BMK)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL