Kediri, www.beritamadani.co.id – Guna mencegah terjadinya penyebaran demam berdarah yang lebih luas, Babinsa Koramil 0809/05 Grogol Kodim Kediri Serka Pagiyat melaksanakan pendampingan kegiatan fogging yang dilaksanakan oleh Dinas Kabupaten Kediri dan Puskesmas setempat bertempat di Perumahan Zam Zam, Dusun Putat, Desa Manyaran, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Minggu (6/2/2022).

Langkah itu diambil karena ada salah satu warga yang terkena demam berdarah (DB). Untuk mengantisipasi supaya tidak meluas, maka dilakukan foging.

Sebelumnya dilakukan musyawarah desa dan penyuluhan dari Puskesmas setempat kepada masyarakat.

Agar terhindar dari nyamuk aedes aegypti maka dilakukan foging.

Selain itu masyarakat juga diberi penyuluhan dari dinas kesehatan tentang mencegah penularan penyakit demam berdarah dengan cara 3 M, yakni Menguras, dengan membersihkan wadah yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, dan lain-lain.

Lalu Menutup, yakni dilakukan dengan menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, toren air, dan lain sejenisnya.

Juga Mengubur barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah.

Selaku Babinsa, Serka Pagiyat berpesan kepada masyarakat Dusun Putat untuk berhati-hati. Demam Berdarah merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan sangat mudah dalam penularannya karena disebarkan oleh nyamuk. Oleh sebab itu harus selalu menjaga di sekitar, jangan sampai menjadi sarang nyamuk tersebut. “Dengan selalu menerapkan 3 M dan menjaga lingkungan kita agar selalu bersih,” tutupnya. (*/Red.BMK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Polres Jombang Luncurkan “Kandani” Layanan Online Lewat WhatsApp
Next post Korem 083/Bdj Siap Mendukung Penuh Semua Program Pemerintah di Malang Raya