Kota Malang, www.beritamadani.co.id –  Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto pimpin Apel Gelar Pasukan Kodam V/Brawijaya dalam rangka antisipasi perkembangan situasi di wilayah Jawa Timur Tahun 2022, yang diikuti oleh sekitar 2.100 Personel. Apel gelar pasukan sendiri dilaksanakan di Lapangan Parade Brawijaya Rampal Jl. Ronggo Lawe, Kel. Kesatrian, Kec. Blimbing, Kota Malang. Jumat (28/1/2022).

Dalam arahannya Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto selaku pimpinan apel  menyampaikan bahwa, pelaksanaan tugas pokok TNI AD tidak terlepas dari dinamika perkembangan lingkungan strategis, baik dalam lingkup regional, nasional  maupun global yang sangat kompleks dan dinamis, yang terkadang mengancam kedaulatan NKRI. Hal ini menuntut Prajurit Kodam V/Brawijaya, sebagai salah satu garda terdepan, harus memiliki tingkat kesiapsiagaan yang optimal sehingga siap menjalankan amanah tugas dari negara, kapanpun dan dimanapun dibutuhkan.

Oleh karena itu, apel gelar pasukan ini memiliki makna sangat penting sebagai salah satu bentuk sederhana untuk mengukur kesiapsiagaan satuan jajaran Kodam V/Brawijaya dalam melaksanakan tugas-tugas kita sebagai bagian integral dari TNI AD yang merupakan komponen utama pertahanan negara. Pandemi Covid-19 yang masih ada hingga saat ini, selain berpengaruh terhadap sektor kesehatan, juga berdampak pada aspek kehidupan yang lain, baik ekonomi maupun sosial. Untuk itu, terus berikan dukungan kepada Pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 melalui program vaksinasi dan penegakkan protokol kesehatan, termasuk membantu upaya pemulihan ekonomi demi mengatasi berbagai kesulitan masyarakat, termasuk demi terjaganya stabilitas nasional, jelas Pangdam V/Brawijaya.

Mengakhiri amanatnya Mayjen TNI Nurchahyanto menegaskan kepada pasukannya untuk mempedomani serta mengamalkan perintah harian KASAD yang isinya sebagai berikut :

1) Implementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dimanapun bertugas dan berada.

2) Tunjukkan jati diri TNI AD sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

3)  Pertajam kepekaan terhadap perkembangan situasi dan lakukan tindakan proaktif terhadap segala bentuk ancaman, terutama yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

4) Tegakkan kedaulatan dan pertahankan keutuhan wilayah NKRI sampai titik darah penghabisan.

5) TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, apa pun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

6)   Lakukan tindakan-tindakan yang akan berdampak terhadap kesejahteraan rakyat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD.

7) Tingkatkan sinergitas dengan Pemerintah, Polri dan Komponen Bangsa lainnya dalam rangka menyukseskan program Pemerintah

Bertindak sebagai Komandan Apel adalah Dandim 0833/Kota Malang.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan, Danrindam V/Brw, Para Asisten Kasdam V/Brw, Para Kabalakdam V/Brw wilayah Malang Raya, serta Kol Inf Yudhi Prasetiyo yang besok akan dilantik sebagai Danrem 083/Bdj mengantikan Kol Inf Irwan Subekti. (*/Red.BMK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Jadi Irup Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Ini Pesan Bupati Kediri
Next post Korem 081/DSJ Meriahkan Madiun Cycling Carnival 2022