Kota Malang, www.beritamadani.co.id – Bertempat di ruang serbaguna SMP Negeri 6 Malang Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Suwarjana, S.E., M.M., membuka kegiatan Rencana Tindak Lanjut (RTL) Guru Penggerak (GP) angkatan pertama dan Rencana Proyek Kepemimpinan (RPK) Calon Kepala Sekolah (CKS). Jumat (12/11/21).

Dalam laporannya, Kepala SMP Negeri 6 Malang Risna Widyawati, S.Pd., mengatakan bahwasannya kegiatan ini dikemas dalam bentuk In House Training (IHT) dengan mengambil tema Peningkatan Ketrampilan Berpikir dan Bertindak Mandiri Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Tenaga Pendidik yang ada di SMP Negeri 6 Kota Malang.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang  dalam sambutannya menyampaikan,”Kegiatan ini tidak akan terlaksana dan berjalan dengan baik tanpa adanya komitmen, niat tulus, serta kesungguhan Bapak dan Ibu sekalian. Untuk itu kami haturkan terima kasih telah memberikan yang terbaik bagi peningkatan kualitas pembelajaran serta pendidikan di Kota Malang,” ucapnya.

Lebih lanjut, Suwarjana menambahkan bahwasannya sebagai abdi negara baik itu PNS, P3K, GTT ataupun PTT kita ini adalah pelayan. Setiap pelayan pasti memiliki majikan. Majikan bapak ibu guru tidak lain adalah siswa panjenengan, orangtua siswa serta masyarakat luas yang wajib untuk dilayani dengan baik, penuh keramahan dan tetap berpijak pada peraturan yang berlaku.

“Guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru (dipercaya dan patut untuk dituruti perkataannya-Red) serta sosok yang ditiru (perbuatan, perilaku dan tindak tanduknya-Red). Setiap proses belajar mengajar, ibu, bapak, akan menyelipkan nilai-nilai luhur dan tauladan yang dapat di implementasikan oleh siswa panjenengan. Namun akan lebih efektif dan efisien, manakala Bapak dan Ibu terlebih dahulu memberikan contoh maupun tindakan nyata. Saat ini banyak bencana alam terjadi di berbagai wilayah, masih banyak pihak yang masih membutuhkan bantuan. Mungkin dengan rejeki atau penghasilan yang bapak ibu dapatkan, bisa dijadikan contoh dengan beramal, berdonasi ataupun sejenisnya,” tegas Suwarjana.

Masih dalam sambutannya Suwarjana mengajak seluruh Insan Pendidikan di Kota Malang untuk senantiasa peduli dan berbagi pada sesama. Yang secara tidak langsung selain membawa manfaat pada diri sendiri, utamanya yang kita bantu , terlebih lagi sekaligus dapat menjadi wahana contoh nyata bagi peserta didik kita untuk ditumbuhkembangkan dan dibiasakan karakter saling peduli dan saling berbagi dalam kebaikan.

Pemaparan materi berkenaan dengan Rencana Tindak Lanjut Guru Penggerak angkatan pertama disampaikan oleh Daffi Rosyiduddin, S.Pd. Sedangkan untuk paparan materi berkenaan dengan Rencana Proyek Kepemimpinan Diklat CKS Tahap II Kota Malang oleh Sedyawati, S.Pd. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Selain Tangkas dan Bugar Inilah Manfaat Sepakbola yang Perlu Diketahui
Next post Polres Kediri Kota Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2021