Malang, www.beritamadani.co.id – Bertempat di Dodikjur Rindam V/Brawijaya Jl. Mayjen M. Wiyono No.01 Kel. Kesatrian Kec. Blimbing Kota Malang Pangdam V/Brw Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M., didampingi Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadho, S.E., M. Tr. (Han) bersama Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Irwan Subekti beserta para asisten Kodam V/Brawijaya menghadiri Upacara Penutupan Pelatihan Dasar Kemiliteran Komcad Matra Darat TA. 2021 dengan jumlah peserta 500 orang.

Dalam amanatnya Pangdam V/Brawijaya sangat mengapresiasi dan terima kasih atas kesiapan dan kerelaan saudara-saudara untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan. Kerelaan ini merupakan wujud tanggung jawab bersama akan pentingnya kesadaran bela negara bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengingat, bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab Kemhan, TNI dan Polri semata, namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia.

Sistem pertahanan negara Indonesia adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta, yang berarti melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah. Hal tersebut sejalan dgn isi UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) utk Pertahanan Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 23 tahun 2019 ttg PSDN utk Hanneg. Di dalam Undang-Undang dan Peraturan tersebut ditegaskan bahwa perlu dibentuk dan disiapkan sejak dini Komponen Cadangan untuk memperkuat Komponen Utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan kekuatan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dgn memadukan antara kekuatan pertahanan militer dan nonmiliter.

Dengan kegiatan Latsarmil ini, diharapkan anggota Komponen Cadangan dapat melaksanakan tugas di satuan jajaran TNI, sehingga mampu memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama dalam menghadapi ancaman. Tidak hanya berhenti sampai di sini, setelah penutupan Latsarmil Komponen Cadangan pada hari ini, akan dilanjutkan dengan materi latihan pembulatan Komponen Cadangan. Kegiatan tersebut merupakan latihan dan pembelajaran lanjutan dalam rangka memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas sebagai Komponen Cadangan serta untuk melihat sampai sejauh mana tingkat keberhasilan pemahaman selama mengikuti Latsarmil di Rindam-Rindam.

Adapun penekanan, bahwa penggunaan Komponen Cadangan adalah untuk tugas dalam menghadapi ancaman militer dan ancaman hibrida. Penggunaan Komponen Cadangan dalam suatu operasi militer dilaksanakan melalui keputusan politik pemerintah yaitu Presiden dengan persetujuan DPR yang komando dan kendalinya berada di Panglima TNI, sehingga tidak ada anggota Komponen Cadangan yang melakukan kegiatan mandiri, tutup Mayjen TNI Suharyanto.

Selesai menghadiri upacara penutupan Rombongan Pangdam V/Brawijaya beserta Danrem 083/Bdj menuju ke Universitas Brawijaya guna mendampingi Gubernur Jatim berserta Forkopimda Jatim untuk meninjau pelaksanaan Vaksinasi Dosis-I. (*/Red.BMK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bung Edi Tinjau Vaksinasi ke Pedagang Kuliner Pulosari Kota Malang
Next post Peringatan HUT MOI Ke-3 DPC MOI Malang Raya Berjalan Lancar dan Sukses