Kediri, www.beritamadani.co.id – Bertempat di Lapangan Desa Cerme, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana kali ini pada agendanya,secara langsung memberikan bantuan sarana alat produksi pertanian kepada kelompok tani (Poktan) dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) se-Kabupaten Kediri, Senin (23/8/2021).

Kegiatan yang merupakan bentuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sesuai arahan Presiden tersebut, salah satunya untuk membantu dan menunjang dampak pandemi Covid-19  berkepanjangan utamanya pada sektor pertanian, dimana Pemda mempunyai peran strategis dalam mendorong percepatan dan efektivitas dengan memahami struktur ekonomi daerah, demograf dan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya.

Mas Dhito sapaan akrab Mas Bup saat berdialog dengan para kelompok tani banyak menerima keluhan-keluhan seperti halnya akan sulitnya mendapatkan air disaat musim kemarau, pengetahuan efisiensi bertani, ataupun permintaan untuk revitalisasi penampungan air (dam).

Mas Dhito menyampaikan bahwa sarana bantuan produksi pertanian ini sudah direncanakan 5 bulan yang lalu, baru hari ini bisa terealisasi. Dalam situasi pandemi Covid-19 peran petani sangat besar karena petani  adalah sumber pangan dan untuk Kabupaten Kediri sendiri dimasa Pandemi pada sektor pertanian tidak terlalu terdampak, karena apa yang ditanam merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

“Pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) nantinya bagaimana keluhan petani akan kesulitan air bisa teratasi dengan pembuatan Dam Kembangan di Desa akan direvitalisasi dan akan bermanfaat,” ujar Mas Dhito.

“Untuk Balai Pertanian dalam waktu dekat akan segera kita bangunkan dan untuk pengembangan biji kopi yang ada di wilayah Mojo nanti akan ada kerjasama dengan pihak swasta seperti Gudang Garam, yang saya harap  dapat mengembangkan pertanian kopi di Barat Sungai,” imbuh Mas Dhito.

Diakhir kegiatan Mas Dhito dengan didampingi Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Anang Widodo, secara simbolis menyerahkan bantuan sarana produksi pertanian seperti traktor, alat pompa air, alat pengolah pupuk organik serta benih holtikultura kepada perwakilan kelompok tani. (Kominfo Kab. Kediri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bakti Sosial Pesat Gatra dengan Membagikan 500 Paket Sembako dan 1000 Dosis Vaksin Covid-19
Next post Forkopimda Jatim Kebut Vaksinasi di Lingkungan Pesantren