Semester Pertama 2021 Bapenda Kota Malang Surplus Rp 33 Miliar

Malang Kota, www.beritamadani.co.id – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang, Handi Priyanto angkat bicara soal pendapatannya surplus Rp 33 miliar disemester pertama tahun ini. Pasalnya menurut catatan yang masuk dari Bapenda sudah menunjukkan diangka Rp 188 miliar per 1 Juli 2021.

Menurut Handi Priyanto, hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat di Kota Malang dalam membayar pajak meskipun situasi pandemi patut diacungi jempol. Karena sudah melampaui target yaitu sebesar Rp 155 miliar.

Handi Priyanto menjelaskan, dari angka itu penyumbang terbanyak Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah dari sektor Biaya Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang mencapai hingga Rp 66,6 miliar dari target Rp 52,5 miliar, lantas disusul oleh pajak reklame sebesar Rp 15,7 miliar dari target Rp 14 miliar.

“Selain itu, dari pajak restoranpun juga tidak mau kalah dari target Rp 20,5 miliar, pada semester pertama ini sudah terkumpul Rp 30,1 miliar, artinya mengalami surplus sekitar 7,8 persen,” jelas Kepala Bapenda Kota Malang saat dikonfirmasi awak media www.beritamadani.co.id di ruang kerjanya pada, Selasa (13/7/2021).

Dia mengaku, bahwa pada musim pandemi ini merupakan tantangan baginya guna meningkatkan PAD sehingga Bapenda mempunyai terobosan baru untuk menjemput bola bagi wajib pajak.

“Jadi, musim pandemi ini kami menjemput bola dengan mendatangi wajib pajak dan ini sangat efektif sekali dalam meningkatkan PAD, sehingga wajib pajak tidak perlu ke kantor Bapenda tetapi petugas yang akan berkunjung ke rumah atau kantornya untuk memudahkan wajib pajak dalam membayar kewajibannya,” ujar pria yang pernah menjabat Kadishub dan Kasatpol PP ini.

Masih menurut Handi Priyanto, dibandingkan dengan tahun yang lalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Pada semester pertama tahun 2020 baru masuk dikisaran Rp. 100 miliar, tetapi sekarang sudah diangka Rp. 188 miliar,” pungkasnya. (Yuni)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL