Surabaya, www.beritamadani.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan/BP JAMSOSTEK Surabaya Karimunjawa melakukan sosialisasi manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan siap mendukung peningkatan kesejahteraan pekerja UKM IKM,” ujar Muhyidin, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa.

Dukungan tersebut muncul ketika Muhyidin  menjadi narasumber, webinar berjuluk ”Upaya dan Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas SDM UKM Sebagai Salahsatu Roda Perekonomian Bangsa”  di selenggarakan Dewan Pimpinan Pusat ( DPP) UKM IKM  Nusantara melalui aplikasi zoom (22/2/2021).

Dijelaskan, bila suatu saat terjadi resiko sosial pihaknya akan memberikan perlindungan kepada pemilik perusahaan dan pekerja, sehingga tidak mengganggu segala aktivitas pekerja.

Masih menurut Muhyidin, bila ada kecelakaan kerja, kemudian setelah dilakukan pemeriksaan medis, pekerja dinyatakan masih proses penyembuhan maka BPJS akan memberikan gaji penuh yang selama ini diterimanya.

Kemudian tahun kedua masih dinyatakan belum bisa bekerja atas rekomendasi medis maka masih diberi gaji tapi 50 persen selama setahun.

Apabila dinyatakan oleh medis bahwa pekerja tersebut cacat seumur hidup, maka akan di beri santunan sebesar gaji yang di terima sebulan di kalikan 56.

Ketua Umum DPP UKM IKM Nusantara, Chandra Manggih, menyambut baik ajakan BPJS untuk memberikan proteksi atau perlindungan bagi para pekerja supaya dalam bekerja merasa nyaman bila ada kecelakaan kerja yang muncul diluar dugaan.

“Kiprah pelaku UKM IKM Nusantara yang mendapat dukungan dari perbankan, pemerintah dan berbagai institusi lembaga lain, kuncinya adalah terus menjaga sinergi untuk menjadi fokus dengan  tujuan tertentu, yakni meningkatkan potensi pelaku UKM IKM agar yang diharapkan bisa tercapai,” ujar Agung Santoso, Ketua DPW UKM IKM Nusantara Jawa Timur. (*/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Terbitkan Surat Edaran, Kapolri Wujudkan Ruang Digital Indonesia yang Bersih, Sehat dan Produktif
Next post KPU Kabupaten Kediri Gelar Media Gathering Bersama Puluhan Awak Media