Para Jurnalis Bondowoso Dukung Pembentukan LBH Khusus Media

Bondowoso, www.beritamadani.co.id – Sejumlah Media dan Jurnalis Bondowoso mengikuti Roadshow Agung Santoso tentang pemahaman Kode Etik Jurnalistik (KEJ) serta UU Pers sekaligus membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Media, di ‘Library Cafe’ Curahdami Bondowoso. Sabtu (23/1/2021).

Roadshow yang dilakukan oleh Drs. Agung Santoso, Ketua Forum Komunikasi Pimpinan Redaksi Media (FKPRM) Jawa Timur, kali ini lebih menekankan spirit penerapan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Kedua kalinya Agung Santoso yang juga menjabat sebagai Ketua Media Online Indonesia (MOI) DPW Jawa Timur bersinggah di Bondowoso, kegiatan pertama ditahun lalu yaitu melaksanakan Pelatihan Jurnalistik.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Jurnalis atau Wartawan dalam melaksanakan tugasnya di lapangan tidak lepas dari kaidah hukum yang memayunginya, yakni Undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Kalaupun nanti ada kesalahan  penulisan oleh para Jurnalis, harus dijawab dengan bahasa, bukan dibalas pelecehan atau kriminalisasi terhadap Jurnalis,” kata Agung.

Dia juga mengapresiasi kinerja para Jurnalis di Bondowoso dan berharap kedepan membangun sinergi antar Jurnalis maupun Media, yang benar-benar solid dalam menyajikan berita yang bersifat mengedukasi pada masyarakat.

Terkait pembentukan Lembaga Bantuan Hukum, Agung manambahkan bahwa LBH Media ini akan membantu para Jurnalis jika suatu saat berbenturan dengan hukum, mengingat tidak sedikit Jurnalis yang dikriminalisasi.

Sementara itu, Arik Kurniawan perwakilan FKPRM Kabupaten Bondowoso mengapresiasi dan mendukung dengan dibentuknya LBH Media tersebut.

“Didalam tubuh Media ada profesi mulia yaitu Jurnalis, selain melindungi para Wartawan semoga LBH ini juga bisa memperjuangkan nasib Perusahaan Pers yang belum terverifikasi, agar mendapatkan hak yang sama,” jelasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa Media Cetak, Online, maupun TV. Giat Road Show Agung Santoso ini berjalan lancar dan selanjutnya akan dilanjutkan ke Kabupaten Jember dan Lumajang. (FKPRM/Red)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL