Sidoarjo, www.beritamadani.co.id – Guna memastikan pelaksanaan Pilkada Sidoarjo 2020 berjalan lancar dan aman, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji turun langsung mengecek kesiapan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga wilayah terpencil.

Dengan mengendarai motor trail, Kapolresta Sidoarjo, Selasa (8/12/2020) siang, berangkat dari Mapolsek Buduran menuju Desa Sawohan, lanjut hingga Desa Kepetingan. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dari Desa Sawohan ke Desa Kepetingan. 

“Rutenya luar biasa sulit. Jalannya sempit, kanan kiri sudah tambak.  Cuaca pun sedang tidak bersahabat. Walau hujan tetap kita terabas. Untuk memastikan kesiapan dan keamanan TPS di desa-desa terpencil, yakni Dusun Kepetingan dan Dusun Kalikajang benar aman dan lancar,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji.

Di Dusun Kepetingan terdapat 243 daftar pemilih tetap. Pelaksanaan ‘Coblosan’ dilaksanakan di balai dusun setempat.

Dari Dusun Kepetingan, Kapolresta beserta rombongan naik perahu menuju Dusun Kalikajang, Desa Gebang, Sidoarjo. Dibutuhkan waktu lebih dari 1,5 jam untuk mencapai dusun terpencil di Sidoarjo bagian Timur ini. Di Dusun Kalikajang terdapat 255 pemilih, sedangkan Dusun Pucukan terdapat 150 pemilih.

“Di tiga daerah terpencil ini, kami menempatkan satu anggota dan satu perwira pengawas. Sehari sebelum pemilihan anggota sudah berada di lokasi. Mereka bertugas mengawasi proses pemilihan, perhitungan suara sampai mengawal pengiriman surat suara ke desa setempat,” imbuhnya, pada Media Online www.beritamadani.co.id.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Mujid yang ikut rombongan menegaskan bahwa persiapan pemilu kepala daerah tahun 2020 di tiga wilayah terpencil sudah siap.

“Semua panitia pemungutan suara di tiga wilayah tersebut telah menjalani rapid test dan semuanya non reaktif. Perlengkapan seperti surat suara, kotak suara dan perlengkapan penunjang lainnya telah siap untuk digunakan besok,” ujar Haidar. (Tim BMK/Cak Kas/Widya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Ketum MOI: Media Online Sukseskan Pilkada Serentak
Next post Calon Bupati Kediri: Mas Dhito Sebelum Melakukan Coblosan Lakukan Sungkeman Meminta Restu Dari Orang Tuanya