Kediri, www.beritamadani.co.id – Tiga bandit spesialis gembos ban nasabah bank, berhasil dibekuk Jajaran  Satuan Reserse Dan Kriminal (Satreskrim) Polres Kediri.

Saat penangkapan ketiga pelaku, Polisi  terpaksa melakukan tindakan tegas terukur, dengan menembak kaki pelaku. Hal ini karena para pelaku berusaha melawan Petugas dan kabur.

Kapolres Kediri, AKBP. Lukman Cahyono, S.I.K., melalui Kasat Reskrim Polres Kediri, AKP. Gilang Akbar mengatakan bahwa penangkapan terhadap ketiga pelaku berawal dari laporan Anis Nurhayati (42),  warga Dusun Prambatan, Desa Padangan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, Jumat (6/11/2020).

“Saudari Anis Nurhayati menjadi korban perampokan dirumahnya setelah mengambil uang dari Bank, Anggota Resmob langsung melakukan penyelidikan dan Alhamdulilah belum genap 24 jam, tiga pelaku berhasil kita amankan,” ucap AKP. Gilang Akbar, Minggu (8/11/2020).

Ketiga pelaku ini berasal Bengkulu itu adalah  Edo Fradisa (24) warga Desa Cahaya, Negeri Kecamatan, Sindang Kelinci, Dion Feri Saputra (30), Dusun II Desa Bengko, Kecamatan Sindang Dataran dan Joni (31) Desa IV Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong.

AKP. Gilang menambahkan, awalnya korban mengambil uang sebesar Rp. 185 juta di salah satu Bank di wilayah Kecamatan Pare sendirian. Korban datang ke Bank mengendarai mobil, setibanya di rumah memarkir kendaraannya di garasi. Saat korban keluar dari mobil tiba-tiba dihampiri seorang laki-laki memakai jemper warna abu-abu dengan penutup muka (masker) langsung merebut tas yang dibawa korban.

“Korban spontan kaget tiba-tiba ada orang merebut tasnya. Bahkan korban dengan pelaku sempat terjadi tarik menarik hingga akhirnya korban terjatuh,” tambah AKP. Gilang.

Pelaku yang berhasil merampok uang korban langsung kabur. Dari hasil olah TKP ditemukan ban belakang sebelah kanan gembos akibat paku payung. Petugas Resmob Satreskrim Polres Kediri menindaklanjuti laporan tersebut langsung melakukan serangkaian penyelidikan untuk mengejar pelaku. Alhasil, ketiga pelaku berhasil diringkus di Terminal Bus, Kota Kediri hendak pulang ke Bengkulu.

“Pada saat penyergapan ketiga pelaku ini sempat terjadi perlawanan terhadap petugas. Akhirnya petugas melumpuhkan ketiga pelaku dengan menembak kakinya,” jelas AKP. Gilang.

Dari hasil interogasi, Lanjut Kasat Reskrim, para pelaku mengakui telah melakukan kejahatan di beberapa tempat, diantaranya Kabupaten dan Kota Kediri, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung.

Selain itu dalam melakukan aksinya Ketiga Pelaku mempunyai peran dan tugas  masing-masing, Satu masuk di Bank berpura-pura menjadi nasabah untuk mengintai sasaran, satu mengawasi di luar dan satunya membuntuti korban.

“Saat ini pelaku kami mintai keterangan. Kami menduga masih ada TKP lain yang dilakukan oleh para pelaku ini. Kami berpesan kepada para nasabah untuk selalu berhati-hati dan waspada bila membawa uang jangan sampai menjadi korban kejahatan,” Pungkas Kasatreskrim Polres Kediri, pada www.beritamadani.co.id. (Sumber: Polres Kediri – Tim BMK/Cak Kas, Editor: Widyana R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Paguyupan Panji Laras Bersama Mas Dhito Adakan Kampanye Bareng di Wisata Sor Pring Dan Kunjungi Beberapa Komunitas
Next post Tak Terima Ditilang Ngoceh di FB Joko Umbaran Unyil Tersangkut Undang-Undang ITE