Normalisasi Kali Toyo Aning Desa Sukoharjo Untuk Destinasi Wisata Air

Kediri, www.beritamadani.co.id – Dalam rangka meningkatkan debit air dan pembersihan sendimen sungai yang menumpuk, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kediri melakukan Normalisasi Sungai Toyo Aning.

Sungai Toyo Aning ini terletak di perbatasan Desa Adan-adan dan Dusun Sidorawuh, Desa Sukoharjo, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri.

Dampak positif adanya Normalisasi yang telah dilakukan PUPR ini, Bendungan atau Dam Sungai Toyo Aning atau lebih dikenal Dam Sidorawuh, yang semula airnya kecil kini berubah menjadi besar, 

Disampaikan staf Perencanaan Pembangunan Desa Sukoharjo yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa) Suyadi, bahwa dengan adanya Normalisasi yang dilakukan PUPR akan sangat membantu Para Petani,

“Terimakasih kami sampaikan Kepada PUPR Kabupaten Kediri, semoga kedepan para Petani bisa  lebih Makmur dan sejahtera,” ujarnya ketika dikonfirmasi www.beritamadani.co.id, di pinggir Pintu Dam Sidorawuh, Rabu Siang (18/11/20)

Ditambahkan Suyadi, Normalisasi yang dilakukan lebih dari dua minggu tersebut berawal ketika ada keluhan dari  para Petani, kemudian dilakukan permohonan Pengerukan kepada Dinas PUPR melalui UPT Pengairan.

“Alhamdulillah, hasilnya lebih dari apa yang kita harapkan, sehingga nantinya juga akan kita usulkan untuk wisata pinggir sungai,” pungkasnya. (Cakas/Widya).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL