Bupati Kediri Hadiri Pelatihan Pengrajin Bambu Mahir, Pengrajin Bambu Harus Lebih Giat Berkreasi

Kediri, www.beritamadani.co.id – Wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Kediri  untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat desa, terus melakukan berbagai upaya untuk membantu dan memberikan solusi dengan berbagai kegiatan salah satunya usaha mikro yang berbasis home industri kerajinan.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut Dinas DPMPD ( Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa) Pemkab Kediri memberikan pelatihan kepada 40 (empat puluh) pengrajin anyaman bambu tingkat mahir se – Kab Kediri.

Pelatihan untuk pengrajin bambu yang ada di wilayah Kab Kediri ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing di pasaran lokal maupun non lokal. Bertempat di eks Kantor Dinas Pertanian Jl. Erlangga Tugurejo Ngasem, yang tepatnya berada di kawasan SLG. Acara ini  dihadiri langsung oleh Bupati Kediri Hj. Hariyanti Sutrisno.

Bupati Kediri Hj. Hariyanti Sutrisno dihadapan para peserta pelatihan pengrajin bambu mahir ini mengatakan, bahwa hasil yang diproduksi oleh Pengrajin Kediri lebih mahal dari wilayah lain. Hal ini di buktikan dengan apa yang dibawa Ibu Bupati dihadapan para peserta pelatihan. 

“Kita harus bisa bersaing dengan kota lain agar supaya hasil olahan bambu ditangan pengrajin bisa lebih diterima di pasaran. Salah satunya adalah masalah harga,” ucapnya.

Ibu Bupati menambahkan, menurutnya tingkat kesulitan dari para pengrajin adalah belum semuanya pengrajin kita menggunakan mesin. Hal inilah yang membuat harga dari hasil pengrajin kita sedikit diatas kota lainnya. 

“Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas DPMPD akan akan memperhatikan hal ini, agar supaya para pengrajin bisa bersaing harga di pasar,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Ketua UMKM Kelud Mandiri Gatot GTT mengapresiasi dan sangat mendukung upaya pemerintah daerah yang berupaya untuk meningkatkan ketrampilan para pengrajin bambu tingkat mahir.

“Kalau kita tetap memakai cara manual maka kita akan tertinggal dan alhamdulillah tadi keluhan para pengrajin untuk bantuan alat-alat, diamini oleh Ibu Bupati. Semoga nantinya teman-teman pengrajin lebih berkreasi dan hasilnya dapat dibanggakan Kabupaten Kediri,” pungkasnya, disampaikan pada Media Online www.beritamadani.co.id.(Tim BMK/Cak Kas/Widya)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL