Jakarta, www.beritamadani.co.id – Wartawan Senior HM. Jusuf Rizal membentuk Persatuan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI), guna mewadahi para jurnalis/wartawan media online seluruh Indonesia. Pembentukan ini didasari aspirasi awak media yang membutuhkan wadah guna membina, melindungi dan mensejahterakan para wartawan.

Kepada awak media di Jakarta sore ini (29/10), Jusuf Rizal yang juga menjadi Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) itu menyampaikan meski telah banyak organisasi media online, namun dia meyakini bahwa organisasi PWMOI memiliki berbagai program yang akan menjadi pilihan wartawan untuk bergabung.

“Saat ini dengan perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0, perkembangan media online cukup pesat. Pekerja media termasuk wartawan online tumbuh seperti jamur di musim hujan. Tentu mereka membutuhkan wadah untuk komunikasi dan juga pembinaan bagi kemajuan mereka kedepan,” tegas Jusuf Rizal

Lebih lanjut Ketua Umum PWMOI (Persatuan Wartawan Media Online Indonesia) itu menyebutkan saat ini peluang kerja menjadi wartawan online sangat terbuka. Namun belum diikuti dengan kualitas wartawan yang memiliki kompetensi yang cukup, agar dalam menjalankan profesi sebagai wartawan bisa profesional.

Untuk itu, tutur Jusuf Rizal, dalam melakukan program pembinaan kepada anggota, PWMOI selain akan mengadakan UKW (Uji Kompetensi Wartawan), juga akan membuat program perlindungan BPJS, perlindungan hukum dan advokasi, maupun peningkatan kompetensi lainnya guna memajukan dan mensejahterakan para wartawan.

Dikatakan dalam waktu dekat organisasi PWMOI akan segera diluncurkan, setelah melakukan konsolidasi dan koordinasi keberbagaiPropinsi dan Kabupaten Kota seluruh Indonesia. Untuk membangun jaringan PWMOI ke daerah, Jusuf Rizal juga memanfaatkan jaringan LSM LIRA yang telah memiliki cabang di 34 Propinsi dan 470 Kabupaten Kota.

“Kami membuka peluang bagi para wartawan/jurnalis untuk bergabung membesarkan PWMOI. Wartawan dari media manapun dapat bergabung di PWMOI tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan maupun media. Mereka yang tergabung diorganisasi media manapun bisa menjadi anggota,” tegas pria berdarah Madura-Batak itu optimis.

Berdasarkan catatan redaksi HM. Jusuf Rizal, bukan asing di dunia wartawan. Pria yang satu angkatan dengan Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch. Bangun itu, pernah menjadi wartawan di Jawa Pos, Kedaulatan Rakyat, Harian Jayakarta, maupun freelance di Harian Terbit, Sinar Pagi, Majalah Keluarga, Tabloid Nova, Koran Kabinet, dll.

Ia kemudian sejak 10 tahun lalu mendirikan Media Online www.liranews.com  dan www.majalahperwira.com . Kini bersama Siruaya Utamawan, tokoh pekerja dan buruh, pemilik Media Online www.suaratanggamus.com  dan www.suaramediautama.com  itu mendirikan PWMOI dan duduk sebagai Sekretaris Umum PWMOI. (Hen/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas Dan Protokol Kesehatan Oleh Satgas Preemtif Satlantas Polres Kediri Kota
Next post Babinsa Koramil 0808/18 Pangungrejo Imbau Pengunjung Tempat Wisata Patuhi Protokol Kesehatan