Sepuluh Desa di Kecamatan Kayen Kidul Diresmikan Serentak Menjadi Kampung Tangguh Semeru

Kediri, www.beritamadani.co.id – Kapolres Kediri, AKBP.Lukman Cahyono, meresmikan serentak sepuluh desa di Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri, menjadi Kampung Tangguh Semeru, bertempat di Balai Desa Sekaran, Rabu (12/8/2020).

Sepuluh desa di Kecamatan Kayen Kidul yang diresmikan menjadi Kampung Tangguh Semeru tersebut adalah: Desa Sekaran, Jambu, Mukuh, Sambirobyong, Baye, Senden, Kayen Kidul, Bangsongan, Semambung, dan Padangan. Sementara itu Desa Nanggungan dan Sukoharjo, sudah diresmikan terlebih dahulu.

Kades H.Murdiman mengatakan bahwa sebelum adanya program Kampung Tangguh Semeru ini, 12 desa di Kec. Kayen Kidul bersama Muspika sudah melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Namun demikian dengan adanya Program Kampung Tangguh Semeru ini, manajemen di desa semakin lebih tertata lagi.

Haji Murdiman, Kades Sekaran, juga menyampaikan bahwa, peresmian atau launching Kampung Tangguh Semeru serentak se-Kecamatan Kayen Kidul ini sekaligus menjadi ajang sosialisasi dan edukasi cara menggelar hajatan, baik pernikahan maupun khitanan di tengah pandemi Covid-19.

“Saat ini Kabupaten Kediri sudah mengizinkan menggelar hajatan. Untuk itu, cara menggelar hajatan perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Bahwa sebelum kegiatan hajatan, 3 hari sebelumnya keluarga dan panitia hajatan harus menjalani rapid test. Dan semua kegiatan harus mengacu kepada protokol kesehatan,”ujarnya.

Sungkono, S.H., Plt. Camat Kayen Kidul menambahkan bahwa launching kampung tangguh se-Kecamatan Kayen Kidul ini adalah bagian dari upaya memutus rantai Covid-19 di wilayahnya.

“Di Kecamatan Kayen Kidul, yang sembuh dari Covid-19 ada 8 orang, sedangkan yang masih terkonfirmasi Covid-19 ada 7 orang. Di Desa Padangan, pertama terkonfirmasi positif Sumarto seorang, kemudian menular ke cucunya yang berusia 6 tahun dan menular lagi ke ibu dan bapaknya. Oleh karena itu masyarakat Kayen Kidul harus sadar dengan kesehatannya sendiri,” terangnya.

Dimoment yang sama, Kapolres Kediri, AKBP. Lukman Cahyono, mengatakan bahwa di seluruh wilayah Kecamatan Kayen Kidul saat ini sudah berdiri Kampung Tangguh Semeru. Kampung Tangguh Semeru ini sebagai upaya menyiapkan petugas di desa untuk menanggulangi dan mencegah penyebaran Covid-19.

“Dengan adanya kampung tangguh ini, diharapkan setiap desa mempunyai kemandirian, bukan hanya kemandirian untuk menanggulangi Covid-19, tapi juga untuk menjaga keamanan di desa,” jelasnya.

Lebih lanjut menurutnya, bahwa jumlah pasien positif Covid-19 di Kab. Kediri saat ini sudah turun ke peringkat 9 di Jawa Timur. Sebelumnya berada di peringkat 4 atau 5. Tantangan kedepan masih tetap ada untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Adanya Kampung Tangguh Semeru ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di Kab. Kediri, khususnya di Kecamatan Kayen Kidul,”pungkas AKBP. Lukman Cahyono.

Reporter: Tim BMK-Cak Kas, Editor: Widyana R.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL