Kediri, www.beritamadani.co.id – Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya Acara Ritual Budaya 1 Suro, yang rutin dilakukan di Petilasan Sang Prabu Sri Aji Joyoboyo untuk umum diinformasikan ditiadakan, hal ini sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 yang terus meningkat di Kabupaten Kediri, Minggu (9/8/20).

“Atas keputusan musyawarah desa bersama perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat dan Panitia Penyelenggara 1 Suro Tahun 2020, hanya melaksanakan ritual internal saja, meniadakan acara perayaan iring-iringan(kirab) dengan berbagai kelompok Ormas maupun organisasi yang peduli dengan pelestarian kebudayaan,”tutur Mbah Gabing.

Perlu diketahui bahwa di Desa Menang, Kec.Pagu, Kabupaten Kediri ini terdapat dua Petilasan Sang Prabu Sri Aji Joyoboyo, yaitu: Pamuksan dan Patirtaan Sendang Tirtokamandanu. Walaupun berbeda lokasi tetapi tempat ini merupakan satu kesatuan. Pamuksan diyakini sebagai lokasi hilangnya jiwa juga jasad Sri Aji Joyoboyo dan Sendang Tirtokamandanu merupakan tempat mandinya Sri Aji Joyoboyo.

Reporter: Cak Kas, Editor: Widyana R.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Warga Purwoasri Kab.Kediri Geger Temukan Jasad Wanita Tua Hanyut di Sungai Brantas
Next post Satresnarkoba Polres Kediri Tangkap Pemuda Pengedar Pil Koplo Dari Damarwulan