Kediri, www.beritamadani.co.id – Pemerintah Kabupaten Kediri mendapatkan bantuan Warning Receiver System (WRS) dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat. Perangkat ini merupakan alat diseminasi informasi dan peringatan dini gempa bumi serta tsunami.

Perangkat Warning Receiver System (WRS) bantuan dari BMKG pusat ini sekarang ditempatkan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri. WRS merupakan sistem aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menerima informasi dari WRS server BMKG pusat.                                             

Plt. Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudzi menjelaskan, fungsi WRS lebih kepada menerima informasi dan memberitahu situasi wilayah. Alat tersebut sangat bermanfaat untuk mengantisipasi terjadinya gempa bumi susulan di suatu daerah dan membantu masyarakat dalam deteksi dini.

BPBD Kabupaten Kediri telah membentuk tim siaga bencana di desa, sehingga informasi dari alat WRS tersebut diteruskan kepada masyarakat melalui jaringan Tim Siaga Desa menggunakan sistem pesan SMS di telpon genggam.

“Informasi gempa di seluruh Indonesia secara real time akan masuk di monitor ini. Nomor HP teman-teman di wilayah akan dimasukkan ke dalam sistem, sehingga ketika ada gempa, akan ada pemberitahuan ke HP masing-masing. Ini sebagai alat untuk memberi informasi, sehingga masyarakat dapat mengantisipasi jika ada gempa susulan,” terangnya.

Untuk diketahui, potensi gempa di Kabupaten Kediri tergolong kecil. Akan tetapi mengingat potensi gempa seluruh Indonesia cukup besar, maka alat tersebut sangat membantu. Sehingga bila terjadi gempa di seluruh Indonesia, mereka dapat memberitahu keluarga yang ada di luar daerah. (Cak Kas/Wdya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Terkonfirmasi 1 Orang Warga Desa Kedungsari Tarokan Positif Covid-19
Next post Potensi Wisata Religi Mata Air Jogo Towo Sumberejo Ngasem Kab.Kediri