Muspika Ngadiluwih Meresmikan Kampung Tangguh Semeru Desa Mangunrejo

www.beritamadani.co.id – Muspika Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, meresmikan Kampung Tangguh Semeru Desa Mangunrejo, Sabtu (20/6), secara simbolis diawali dengan pemukulan gong oleh Camat Ngadiluwih, Harminto, S.Sos., MM.

Posko Kampung Tangguh Semeru Desa Mangunrejo ini, merupakan realisasi program ungulan Polda Jawa Timur agar warga di setiap desa bisa terhindar dari pandemi Covid-19. Kampung tangguh ini memiliki sejumlah fasilitas diantaranya: ruang isolasi, dapur umum, tempat pemulasaran jenasah dan lumbung pangan.

Kepala Desa Mangunrejo, Sutrisno, S.Pd., mengatakan,”Berkat arahan dan  petunjuk dari bapak Camat dan Muspika, terbentuklah Kampung Tangguh Semeru Desa Mangunrejo ini. Di tempat ini ada posko yang bisa memberikan informasi kepada masyarakat tentang masalah penanganan Covid-19. Saat ini kita juga menyediakan tempat isolasi,  bilamana ada warga terpapar, yang terpapar akan kita isolasi sehingga warga yang lain tidak ikut terpapar. Selain itu juga menyediakan dapur umum untuk membantu warga kita yang positif terkena Virus Corona, ataupun memberikan konsumsi kepada orang yang jaga di kantor desa maupun posko pengawasan di sekitar rumah dan lingkungan,”jelasnya.

“Kita juga mendirikan lumbung pangan, alhamdhulillah donatur dari warga kita, sumbangan akan  disalurkan bila warga yang terserang Corona. Selanjutnya kita mengerjakan peningkatan ketahanan pangan, baik pertanian maupun peternakan, yang hasilnya akan kita berikan juga bila ada warga yang terpapar Covid-19 ini,”pungkasnya.

Di tempat terpisah Harminto, S.Sos., MM., Camat Ngadiluwih, Kab.Kediri, menuturkan,”Untuk wilayah Kecamatan Ngadiluwih sementara ada 5 kampung tangguh, diantaranya: Desa Dukuh, Desa Banjarejo, Desa Rembang, Desa Mangunrejo dan Desa Seketi. Dengan terbentuknya kampung tangguh ini, kami berharap masyarakat bisa mandiri. Jadi tidak hanya saja dibebankan pada pemerintah, tapi juga dibebankan kepada masyarakat itu sendiri untuk menghadapi Covid-19,” ujarnya.

“Selain itu kami juga berharap pemerintah desa bersama masyarakat bisa menciptakan situasi yang kondusif, apabila ada warga yang terpapar Covid-19, mari kita berikan suport, kita berikan motivasi yang otomatis dapat meningkatkan imun dari penderita yang terpapar Covid-19. Jauhilah penyakitnya jangan jauhi orangnya semua itu saudara kita. Dengan kampung tangguh ini mari kita tingkatkan persaudaraan dan keharmonisan,”pungkasnya.(Cak Kas/Widya)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL