IMG-20200509-WA0098 IMG-20200509-WA0101

Kediri, www.beritamadani.co.id –  Pemerintah Kab.Kediri kembali bergerak menggelontorkan bantuan beras bagi warga terdampak Covid-19, Sabtu (9/5/20). Kali ini giliran warga di Kec. Kunjang dan Kec. Semen yang mendapatkan bantuan tersebut. Total bantuan beras yang dikirimkan untuk Kec. Kunjang sebanyak 15.150 Kg dan Kec. Semen sebanyak 28.210 Kg.

Plt. Kepala  BPBD sekaligus Sekretaris GTPP Covid-19 Kab. Kediri, Slamet Turmudi menyampaikan, ada beberapa jaring pengaman sosial baik dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Untuk itu harus ada validasi dan verifikasi data agar tidak tumpang tindih atau double penerima.

“Pendistribusian beras ke kecamatan-kecamatan berdasarkan data yang telah diverifikasi oleh Dinas Sosial. Sejauh ini sudah ada pendistribusian ke 10 kecamatan, selanjutnya menyusul di kecamatan yang lain”, jelasnya.

Ucapan terimakasih dan rasa syukur disampaikan oleh Camat Kunjang, Mohamad Nizam, ditemui saat menerima bantuan beras. Hal ini karena distribusi bantuan beras bagi warga terdampak Covid-19 sudah sampai di Kecamatan Kunjang. Jumlah beras yang dikirimkan sejumlah sebanyak 15.150 Kg, diperuntukkan bagi 1.515 kepala keluarga (KK).

“Kriteria penerima yang kami prioritaskan adalah para pedagang kecil yang biasanya berdagang di  sekolah-sekolah, yang tidak bisa lagi berjualan karena sekolah diliburkan. Kemudian warga kurang mampu, pelaku UMKM, pedagang sayur, tukang becak dll. Pendistribusian beras ini dimulai dari kecamatan, dimana beras langsung diambil oleh desa. Kemudian dengan dikawal oleh TNI Polri bantuan tersebut diberikan langsung diberikan kepada penerima di rumah masing-masing”, jelas Nizam.

Senada, Camat Semen, Jiwo, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab. Kediri yang sudah memberikan bantuan beras untuk warga yang membutuhkan. Dengan adanya beras tersebut diharapkan warga yang terdampak Covid-19 bisa terbantu dan mengurangi beban hidupnya. Karena dengan adanya anjuran tetap berada di rumah dan physical distancing selama wabah berlangsung, membuat warga dengan taraf ekonomi menengah kebawah kesulitan dalam mencari nafkah.

Camat Jiwo menambahkan, meski Kec. Semen masuk dalam zona merah, pihaknya menghimbau kepada masyarakat  agar tetap tenang dan waspada. Serta terus menjalankan protokol kesehatan, yaitu dengan sering mencuci tangan, jaga jarak dan yang terpenting harus tetap disiplin, utamanya bagi masyarakat di wilayah yang diisolasi. Sehingga dapat segera memutus mata-rantai penyebaran Covid-19. (Cak Kas/Widya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Pemkab. Kediri Salurkan Bansos Beras Untuk Masyarakat di Kecamatan Mojo
Next post BLT Dari Pemkab.Kediri Untuk Warga Desa Janti Terdampak Covid-19 Cair