IMG-20200131-WA0020

Kediri, www.beritamadani.co.id – Berbagai aspek kehidupan masyarakat di Kabupaten Kediri, mulai terimbas oleh pandemi COVID-19 saat ini. Beberapa kebijakan diterapkan, salah satunya adalah dengan physical distancing untuk memutus mata-rantai penyebaran virus mematikan COVID-19. Ditengah upaya untuk menangani Pandemi ini, Pemkab. Kediri membuat kebijakan penting yang lain terkait pengamanan sosial dengan memberikan bantuan, yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

Seperti yang disampaikan oleh Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno, kepada www.beritamadani.co.id, bahwa ditengah upaya pemerintah pusat, provinsi dan daerah, dalam memerangi penyebaran virus Corona di masyarakat, muncul masalah lain yang tak kalah penting, yaitu masalah sosial dan ekonomi, khususnya masyarakat di Kab.Kediri.

Imbas yang sangat terasa adalah bagi warga masyarakat yang bekerja disektor informal, seperti tukang becak, ojek pengkolan di pasar, pedagang di tempat wisata, di pusat pertokoan, pedagang makanan dan profesi lainnya yang biasa bersentuhan dengan jasa masyarakat banyak. Dengan kondisi seperti ini sangat mempengaruhi pendapatan mereka, berkurang drastis bahkan berhenti.

Untuk menyikapi hal tersebut, Bupati Kediri mengambil kebijakan untuk  memberikan bantuan berupa beras kepada masyarakat yang paling terdampak karena situasi ini.

Dalam rapat koordinasi yang melibatkan Gugus Tugas Penanganan COVID – 19, Kab. Kediri dan seluruh Camat, Haryanti Sutrisno, menginstruksikan supaya segera diselesaikan terkait kecukupan data calon penerima bantuan, supaya segera bisa direalisasikan. Selain itu Haryanti Sutrisno juga menyampaikan akan memberikan stimulus terutama kepada UMKM, supaya bisa berjalan lagi kegiatannya, setelah situasi ini kembali normal.

Realisasi bantuan beras tersebut selain menggunakan cadangan beras pemerintah, juga berasal dari alokasi Anggaran Pemkab. Kediri untuk penanganan pandemi COVID – 19 ini. Selain itu ada juga yg bersumber dari Baznas Kab. Kediri, serta sumbangan yang dikumpulkan dari seluruh Satker di lingkungan Pemkab. Kediri.

Di tempat terpisah Plt. Kepala Dinas Sosial Kab. Kediri dikatakan,”Saat ini pada tahap finalisasi data calon penerima bantuan dan diupayakan penyalurannya dapat dilakukan sesegera mungkin. Yang sudah tersedia 100 Ton dari Bulog dan 50 Ton dari Baznas. Hari ini tadi diserahkan untuk warga masyarakat di Kec. Semen dan Mojo”, ujarnya.

Lebih lanjut di sampaikan oleht Plt. Kadinsos,”Sesuai arahan Bupati Kediri, sebagai antisipasi situasi pandemi COVID – 19 ini, secara bertahap akan disiapkan kurang lebih 2000 Ton beras. (Cakas/Candra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Polres Kediri Berikan Bantuan Hand Sanitizer dan Hand Soap Untuk RSUD Kab. Kediri
Next post PWI Kediri Berikan Ratusan Paket Sembako Untuk Masyarakat Terdampak COVID-19