Bupati Kediri Gelar Penghijauan Dengan Tanam Pohon di Kawasan Lereng Gunung Kelud

IMG-20200228-WA0020 IMG-20200228-WA0023

Kediri, www.beritamadani.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1216, Tahun 2020. Pemkab. Kediri, gelar penghijauan dengan menanam pohon, untuk antisipasi banjir dan longsor, dipimpin langsung oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno beserta jajarannya,  Jumat pagi, 28/2/20.

Kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Pemkab. Kediri, untuk penanggulangan banjir dan tanah longsor,  yang berada di wilayah Sirkuit Trail Kawasan Gunung Lereng Kelud.  Kawasan yang termasuk wilayah Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

Sebanyak 892 pohon ditanam di Sirkuit Trail Kawasan Gunung Lereng Kelud. Ratusan pohon yang ditanam ini berbagai jenis, diantaranya pohon nangka, belimbing, cakaranda, juwet, dan pucung. Dipilihnya pohon tersebut, karena merupakan pohon yang bisa menyerap air.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno,  mengatakan,”Setiap tahun selalu dilakukan penghijauan, dengan harapan akar pohon yang dipilih tersebut dapat menarik atau menyerap air. Penghijauan tersebut, difungsikan agar sumber air tetap terjaga. Selain itu juga berfungsi untuk  memperkuat struktur tanah menahan banjir dan longsor,”.

Lebih lanjut Bupati Kediri berharap kepada masyarakat sekitar, terutama di Kawasan Lereng Gunung Kelud, jangan hanya menebang pohon, tetapi juga harus menanam pohon, untuk kelangsungan keberadaan mata air. (DhePanggah /Candra)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL