Petilasan Dewi Sekartaji Janti Wates Kediri

IMG-20191114-WA0048 IMG-20191114-WA0051

Kediri, www.beritamadani.co.id – Kerajaan Kediri merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Kerajaan Kediri di era Raja Jenggala, banyak menyimpan misteri dan banyak kisah misteri, bagi warga Kediri. Salah satunya adalah sosok Dewi Sekartaji atau Putri Kediri, merupakan simbol dari kekuasaan dan misteri dimasa lampau, yang jauh sebelum lahirnya raja-raja kerajaan di Nusantara.

Tempat Petilasan Dewi Putri yang cantik jelita Dewi Sekartaji ini, berada di Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, yang berjarak sekitar 10 KM, dari Taman Sekartaji yang berada di sebelah barat Sungai Brantas, tepatnya di wilayah Kecamatan Kota Kediri.

IMG-20191114-WA0052 IMG-20191114-WA0046

Banyak diyakini oleh warga masyarakat wilayah Kediri khususnya dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya, bahwa Petilasan Dewi Sekartaji ini menyimpan misteri yang amat dalam dan menambah destinasi wisata alam religi yang ada di Kabupaten Kediri. Hal ini juga diyakini oleh warga masyarakat setempat yang berada di Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, ceritanya bahwa Dewi Sekartaji adalah merupakan putri yang cantik jelita yang sampai diakhir hayatnya beliau tidak berumah-tangga atau menikah, hal ini dipaparkan oleh juru kunci Slamet yang menjaga Petilasan Dewi Sekartaji.

Melalui warga setempat yaitu Ponijan, dikatakan bahwa di zaman dahulu tempat Petilasan Dewi Sekartaji ini, hanya berupa tanah gundukan dan pepohonan yang amat besar. Namun sekarang Petilasan Dewi Sekartaji yang berada di Desa Janti mendapatkan bantuan dana desa dari pemerintah, sehingga dipugar sedemikian rupa, menjadi bangunan yang cukup indah, dan rindang dengan pepohonan yang cukup besar besar. Lebih lanjut dikatakan oleh Ponijan kepada www.beritamadani.co.id, bahwa banyak warga masyarakat yang datang ke Desa Janti, tepatnya berkunjung ke taman atau di Petilasan Dewi Sekartaji.

Bila Anda penasaran ingin mengunjungi petilasan Dewi Sekartaji, anda dapat melalui akses jalan di Pabrik Gula Pesantren ke arah Kecamatan Wates. Kurang lebih sekitar 4 KM kemudian berbelok ke arah utara sekitar 500 meter, sampailah di sana di Desa Janti, anda bisa menikmati nuansa alam yang sejuk di Petilasan Dewi Sekartaji.

IMG-20191114-WA0044 IMG-20191114-WA0022

Di cerita versi lain yang merupakan ramalan dan kepercayaan kuno, dikisahkan bahwa Raden Panji memiliki istri yang amat sangat cantik dan halus bahasanya, beliau adalah Dewi Sekartaji atau Dewi Candra Kirana atau Putri Kediri. Pujangga kerajaan pernah meramalkan tentang kerajaan Nusantara, bahwasanya kerajaan Nusantara akan dipimpin oleh raja-raja besar yang merupakan keturunan dari pasangan Raden Panji dan Dewi Sekartaji.

Dewi Sekartaji yang bernama lain juga Dewi Condro Kirono, kami tidak bisa bercerita tentang banyak versi, di cerita Dewi Sekartaji atau Galuh Candra Kirana, namun para pembaca bila penasaran ingin mengetahui lebih jauh, bisa langsung datang di lokasi petilasan Dewi Sekartaji di Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri tersebut. (depanggah/candra)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL