Area Arca Totok Kerot Berubah Wujud di Tahun 2019

IMG-20191105-WA0038 IMG-20191105-WA0042

Kediri, www.beritamadani.co.di – Budi  juru kunci Totok Kerot di Desa Bulupasar, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, sangat bangga karena pemerintah Kabupaten Kediri di Tahun 2019 ini menggelontorkan dana untuk menopang taman hijau yang cocok sebagai penyangga Area Simpang Lima Gumul, yang sekarang menjadi asset wisata wilayah Kabupaten Kediri. Hal ini merupakan wujud untuk melestarikan  cagar budaya yang bernilai tinggi, seperti halnya Patung Totok Kerot yang konon merupakan jelmaan dari Dewi  Sri Renggo, yang dijuluki Totok Kerot, yang pernah beradu kesaktian di era zaman Kerajaan Sri Aji Joyoboyo.

Hal ini juga dibenarkan oleh PLT. Putut Agung Subekti, dari Dinas Lingkungan Hidup Kab.Kediri, bahwa  dalam APBD Th.2019 sekitar 2,2 Miliar Rupiah untuk menopang pembangunan yang dapat menjadi sarana dan prasarana interaksi masyarakat wisatawan, yang berkunjung di wilayah Kabupaten Kediri. Luas area Taman Hijau Totok Kerot ini kurang lebih sekitar 4500 m2, dan pembangunan ini akan memakan waktu sampai selesai di Bulan Desember, akhir Tahun 2019.

Putut Agung Subekti PLT. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri ini menuturkan pada www.beritamadani.co.id, “Kawasan yang taman hijau ini nantinya akan dapat menampung para wisatawan yang berkunjung ke Kediri , mengingat kondisi saat ini di area Arca Totok Kerot atau patung batu hitam dengan kata lain, ini nantinya mampu menyedot wisatawan bila pada saatnya taman hijau nanti jadi, hal ini dapat mensejahterakan bagi masyarakat lingkungan di sekitarnya, untuk membuka usaha dan meramaikan daerah wisata yang kurang lebih jaraknya sekitar 1 Km arah utara dari Monumen Simpang Lima Gumul”.

Pembaca www.beritamadani.co.id, mungkin sudah banyak mengetahui tentang riwayat dan historis keberadaan Arca Totok Kerot atau Patung Totok Kerot yang berada di utara Simpang Lima Gumul ini, tepatnya di Desa Bulupasar, Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri . Kami hanya mengulas mudah-mudahan kedepan nantinya, dengan adanya  Tata Lestari Budaya Peninggalan Kerajaan Kediri  yaitu Taman Hijau Totok Kerot ini, mampu meramaikan wilayah desa sekitarnya terutama Desa Bulupasar. Dan juga  dapat meningkatkan perekonomian, kesejahteraan sosial, bagi masyarakat. (Depanggah /Candra)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL