Candi Puthuk Gong Bumirejo Kediri

IMG-20191105-WA0032 IMG-20191105-WA0033

Kediri, www.beritamadani.co.id – Candi Puthuk Gong itulah yang ditemukan warga Dusun Bumirejo, Desa Krecek, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, pada Bulan Juni 2019. Situs ini berada di tengah persawahan area perbatasan yang masih masuk wilayah Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri.  Arca-arca yang ditemukan oleh warga ini, ada tanda-tanda berbentuk stupa batu warna merah, diperkirakan merupakan peninggalan  zaman Kerajaan Kediri.

Menurut salah satu pemerhati pelestari budaya, Damar Panuluh Ervin, menyatakan bahwa arca yang ditemukan dahulu kala berupa tanah undukan di tengah persawahan. Salah satu warga setempat yaitu Niken yang merupakan generasi muda desa disini, turut membantu Nini Ervin dengan para Paguyuban Damar Panuluh lainnya, untuk membersihkan tanah-tanah yang menimbun batu bata serta batu andesit peninggalan sewaktu zaman Kerajaan Kediri ini.

Menurutnya candi tersebut merupakan warisan leluhur nenek moyang kita yang letaknya di tengah persawahan yang pada waktu dahulu kala banyak warga setempat enggan datang ke situ, karena di kanan-kirinya, banyak tanaman pohon-pohon yang besar serta bambu-bambu yang cukup padat Sehingga masyarakat setempat enggan untuk datang karena banyaknya hewan-hewan yang cukup berbisa,  termasuk ular atau hewan melata lainnya.

IMG-20191105-WA0036 IMG-20191105-WA0028

Candi Puthuk Gong ini tempatnya cukup strategis, di tengah persawahan yang bersebelahan antara Kecamatan Kandangan dan Kecamatan Badas. Di sekitar candi ini, di sisi samping, kurang lebih 10 meter ada sungai dari salah satu mata air sumber. Dikatakan oleh salah satu warga bahwa sekarang menjadi area untuk wisata anak-anak setempat, yaitu untuk belajar berenang karena tempatnya yang cukup asri dan rindang.

Bila menuju Cndi Puthuk Gong dari Pare, kurang lebih jaraknya sekitar 10 Km ke arah timur utara Pare, Kabupaten Kediri, memang sementara waktu jalannya masih cukup memprihatinkan. Harapan dari warga Dusun Bumirejo,  Desa Krecek, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, agar Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri, nantinya membangun infrastruktur jalan, yang merupakan akses untuk menuju candi berbentuk gong ini.

Hal ini juga disampaikan oleh Niken selaku generasi muda Desa Bumirejo, mengatakan bahwa penemuan Arca Candi Puthuk Gong harap nantinya dapat menjadi edukasi bagi generasi penerus, maka untuk itu, ia sangat berharap kepada Dinas Pariwisata Kab.Kediri, agar Desa Bumirejo dan Desa Krecek ini, yang merupakan tempat tinggalnya, untuk bisa dijadikan salah satu destinasi wisata Di wilayah Kabupaten Kediri. Anda ingin penasaran mengetahui lokasi tempat Candi Petuk Gong , anda bisa melalui jalur di arah Candi Surowono. (depanggah-chandra)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL