Destinasi Wisata Alam Pantai Wawaran Karang Turi Sudimoro Kabupaten Pacitan

DSC04625 DSC04599

Pacitan, Beritamadani.co.id – Pacitan mempunyai banyak pantai dengan keindahan yang luar biasa, salah satunya Pantai Wawaran Sumberejo. Pantai ini terletak di Dusun Karang Turi, Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan. Lokasi Pantai Wawaran Sumberejo ini kurang lebih 5 Km masuk ke arah selatan dari Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa. Pantai Wawaran berbatasan langsung dengan Pantai Pelang Trenggalek.

Pesona alam yang dimiliki Pantai Wawaran Sumberejo ini sangat indah. Namun akses jalan menuju Pantai Wawaran Sumberejo ini masih jauh dari layak. Jalannya rusak parah, belum ada pembenahan. Struktur jalan masih makadam dan sebagian masih berupa jalan tanah yang apabila hujan terkadang berlumpur. Walaupun di sekitar JLS ada pembenahan jalan, namun sepertinya pemerintah setempat belum bisa memenuhi kebutuhan Warga Karang Turi untuk peningkatan jalan menuju Pantai Wawaran Sumberejo.

DSC04608 DSC04606 - Copy

Mata pencaharian penduduk sekitar Pantai Wawaran Sumberejo adalah sebagai nelayan. Mereka menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan di laut. Para nelayan mencari ikan di tengah laut dengan cara memancing. Mereka berangkat Pukul 16.00 Wib dan pulang Pukul 08.00 Wib keesokan harinya.

Saat Awak Beritamadani.co.id menemui Komari dan Tukiyar, nelayan yang berada di Pantai Wawaran Sumberejo, memperoleh informasi bahwa, “Jalannya rusak parah baik lewat Ngobyok ataupun Karang Turi”.”Perahu juga sering kandas karena banyak batu karang yang muncul dipermukaan air”.”Harapan kedepan semoga pantai ini diberi penunjuk arah sehingga pantai menjadi ramai, banyak pengunjung yang datang dan akses jalannya supaya diperbaiki, dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toliet dan ada pengerukan di bibir pantai, agar perahu nelayan tidak lagi sering kandas dan bisa bersandar di Pantai Wawaran Sumberejo”.

IMG-20160906-WA0004 IMG-20160906-WA0005

Di Pantai Wawaran ini apabila cuaca sedang tidak bersahabat, maka para nelayan tidak bisa melaut. Mereka menggunakan waktunya untuk membenahi perahu dan peralatan melautnya. Bagi para wisatawan, walaupun akses jalan masih kurang memadai, tetapi pantai ini layak anda kunjungi, pantai ini sangat indah cocok untuk rekreasi bersama keluarga.  (Widya)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL