Pemanfaatan ADD Di Desa Blimbing Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri

 SUNP0033-1 SUNP0032-1

Kediri, Beritamadani.co.id – Di Desa Blimbing mayoritas penduduknya menggantungkan hidupnya di bidang pertanian dan perdagangan. Pada saat adanya keterbatasan anggaran untuk pembangunan, ternyata angin segarpun muncul, masyarakat desa mulai bersemangat kembali untuk membangun desa, seiring dengan realisasi Dana Desa, Program dari Pemerintah Pusat masa Pemerintahan Jokowi saat ini. Pemerintahan Desa Blimbing tidak tinggal diam pada momen ini, mereka juga jemput bola dengan menyiapkan program pembangunan desa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Melalui musyawarah warga, akhirnya program-program desa yang akan dilaksanakan di Desa Blimbing, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri adalah: peningkatan saluran irigasi pertanian,  peningkatan dan perbaikan jalan desa dan pembangunan infrastuktur desa dengan pembuatan gapura perbaikan taman, serta beberapa program desa yang lain.

SUNP0034-1 SUNP0031-1

Awak Beritamadani.co.id, berkesempatan berbincang dengan Agus Dwi Waluyo, Kepala desa Blimbing, disampaikan,”Realisasi dari ADD yang telah turun, di Desa Blimbing, berdasarkan hasil musyawarah dengan warga dialokasikan untuk beberapa program yaitu: perbaikan saluran irigasi, pengaspalan jalan dan perbaikan infrastruktur desa lainnya”.”Kami berharap semua lapisan masyarakat mendukung semua program yang telah ditetapkan, sehingga proses pembangunan yang berasal dari Dana Desa ini bisa lancar dan pada akhirnya bermanfaat bagi kepentingan masyarakat Desa Blimbing”.

Berdasarkan pantauan Awak Beritamadani.co.id, infrastruktur jalan telah dilakukan pengaspalan.  Saluran irigasi untuk pertanian juga sudah selesai dilakukan perbaikan. Bangunan pelengkap saluran irigasi juga telah dibuat. Selain itu telah dilakukan pembuatan gapura, penataan pot bunga dan taman, sehingga jalan utama di Desa Blimbing terasa semakin indah.

SUNP0028-1 SUNP0029-1

Penentuan program pembangunan yang telah dilaksanakan di Desa Blimbing ini memang sangat tepat. Seperti pembangunan dan perbaikan saluran irigasi, manfaatnya sangat luar biasa, yaitu untuk menjamin ketersediaan air baku sawah. Sehingga apapun jenis tanaman yang ditanam tercukupi kebutuhan airnya. Selain itu, pembangunan jalan dengan pengaspalan, sangat bermanfaat untuk memperlancar distribusi hasil pertanian. Penataan taman dan lansekap yang dilaksanakan saat ini di Desa Blimbing, juga akan menambah keindahan sepanjang jalan utama di Desa Blimbing.

Harapan masyarakat Desa Blimbing kepada pemerintah, karena Dana Desa telah direalisasikan untuk pembangunan dan masih ada beberapa yang belum tercover, mereka berharap ditahun yang selanjutnya tetap ada dana desa yang digelontorkan, untuk melanjutkan program-program desa yang belum selesai pada tahun ini. (Muji Wahyono)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL