SAM_2148 (Medium) SAM_2153 (Medium)

Kediri, Beritamadani.co.id – Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2016, berlangsung sejak Tanggal 31 Juli 2016, sampai dengan Tanggal 06 Agustus 2016. Tari Kolosal 1000 Barong ini merupakan kelanjutan dari event kegiatan yang telah terlaksana seperti festival teater, lomba jaranan, pemilihan putra-putri batik, lomba layang-layang. Tari Kolosal 1000 Barong ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, 06 Agustus 2016, mulai Pukul 14.30 Wib sampai dengan Pukul 17.00 Wib, dalam Rangka Penutupan Pekan Budaya Dan Pariwisata Kab.Kediri 2016.

Acara ini terselenggara atas kerjasama PASJAR (Paguyuban Seni Jaranan) dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, dalam rangka penutupan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2016. Dihadiri oleh Drs. H. Masykuri, MM (Wakil Bupati Kediri), Hery Pratondo (Ketua PASJAR),  Kapolres Kediri, Dandim Kediri dan tamu undangan lainnya.

SAM_2139 (Medium)SAM_2166 (Medium)

Tari Kolosal 1000 Barong, dimulai dari Halaman Depan Bank BPD  formasi memanjang ke selatan, kira-kira 500 Meter. Tidak kurang dari 2023 personel barongan yang datang dari berbagai Daerah di Indonesia. Diantaranya dari Kota Jogja, Rembang, Tegal, Surakarta, Boyolali, Kab. Gunung Kidul, Jakarta, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya, Mojokerto, Malang (Kabupaten dan Kota), Kota Batu, Kab. Ponorogo, Kab. Madiun, Kab. Nganjuk, Kab.Tulungagung, Kab. Trenggalek, Blitar (Kota dan Kabupaten), Kediri (Kota dan Kabupaten).

Maksud dan tujuan dari Tarian Kolosal Barongan tersebut, untuk menggugah semangat generasi muda di Indonesia khususnya di Kediri untuk lebih giat belajar mencintai, mengembangkan dan melestarikan Seni Barongan atau Jaranan yang merupakan warisan budaya nenek moyang sejak dahulu kala. Masyarakat sangat antusias melihat Seni Budaya Barongan tersebut, sampai acara selesai. ( Made Sumadi )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Pecel Punten Pak Syaifudin Desa Ketami Kecamatan Pesantren Kabupaten Kediri
Next post Lomba Suara Burung Berkicau Di Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri