Lomba Gerak Jalan Dalam Rangka HUT RI Ke-71 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan

IMG-20160814-WA0022 IMG-20160814-WA0025

Pacitan, Beritamadani.co.id –  Gerak jalan dalam rangka HUT RI, di Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, selalu diadakan setiap tahun. Gerak jalan ini diikuti oleh masyarakat umum mulai dari PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga,red), PKH (Program Keluarga Harapan,red), Linmas, Hansip, Karangtaruna, Dinas dan Instansi di Wilayah Kecamatan Ngadirojo, organisasi kemasyarakatan dan umum. Peserta gerak jalan hari ini diikuti 109 peleton, setiap peleton terdiri dari 15 orang. Pendaftaran peserta dimulai sejak Pukul 08.30 Wib sampai Pukul 12.30 Wib. Tepat Pukul 13.00 Wib, para peserta sudah siap di garis start. Karena sebelum pemberangkatan diadakan upacara terlebih dahulu, yang langsung dipimpin oleh Bapak Gunawan, SH,MM. Selaku Camat Ngadirojo, Kabupaten Pacitan.

Saat Awak Beritamadani.co.id menemui Juriyah, salah satu Panitia PHBN Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan. Juriyah memberikan keterangan, “Gerak jalan ini start di depan Rumpin (rumah pintar,red), dengan rute rumpin ke arah selatan sampai Balai Desa Hadiluwih, kemudian dua kali belok kanan (berputar,red) kembali lagi ke arah rumpin”. “Jadi start finish di depan rumpin, dengan menempuh jarak sekitar 6,5 Km”.

IMG-20160814-WA0027 IMG-20160814-WA0021

Ditempat terpisah, Awak Beritamadani.co.id menemui Bapak Gunawan, SH,MM, Kepala Wilayah Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Beliau menuturkan. “Untuk PHBN ini, hampir semua kegiatan seperti ini adalah ide masyarakat”. “Saya sudah 2 tahun ini, kegiatan seperti ini ada berturut-turut dengan antusias warga yang luar biasa”. “Bahkan pesertanya tahun kemarin hampir 130 regu”. “Itu diikuti dari kecamatan, UPT, kepala desa, kelompok tani, RT, RW, lembaga sosial termasuk dari karang taruna, Perguruan Silat SH Teratai, Tapak Suci, bahkan ada dari lansia juga ikut berpartisipasi”.”Setiap tahun ada event”. “Bahkan kemarin Tanggal, 12 Agustus 2016, ada kegiatan seperti ini dari Wonokarto Persatuan, yang diikuti oleh 3 Desa yaitu Wonoasih, Wonosobo dan Wonokarto, bahkan itu kemarin regunya mencapai 150”. “Harapan kedepan tetap kita mencari inovasi terbaru dan semakin tahun semakin kita tingkatkan”. “Kompensasi hadiah nantinya kita sesuaikan dengan jerih payah peserta dan memang semata-mata karena  masyarakat antusias mengisi kemerdekaan”.

IMG-20160814-WA0024 IMG-20160814-WA0023

Kemudian Awak Beritamadani.co.id mengikuti jalannya lomba gerak jalan sampai di garis finish, menemui Joko Susianto, Ketua Panitia PHBN, Kec. Ngadirojo, Kab. Pacitan. Joko Susianto menyampaikan.”Kriteria penilaian dalam lomba gerak jalan ini antara lain kepemimpinan, kedisiplinan, kerapian dan semangat”.” Masing-masing kriteria ada 2 juri yang menilai”.” Nantinya jumlah point nilai dikumpulkan menjadi satu”. “Untuk penentuan juara sesuai dengan kelompok peserta masing-masing misalnya: PKK, Karang Taruna, Hansip dan Organisasi Sosial”.

Pengumuman juara seluruh perlombaan, mulai dari gerak jalan SD, SMP, umum dan lomba UKM, akan diumumkan pada saat Penutupan PHBN, Tanggal, 20 Agustus 2016, bersamaan dengan rangkaian acara yang lain. Acara ini selesai Pukul 15.30 Wib semua peserta sudah memasuki finish. Antusias warga sangat tinggi sekali, ini terbukti dengan sepanjang rute yang dilewati lomba gerak jalan ini dipadati oleh penonton. (Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL