Saat Berlebaran Pengendara Sepeda Motor Dan Pejalan Kaki Tertimpa Pohon Lapuk Di Malang

IMG_20160711_135529_1 IMG_20160711_135351_1

Malang, Beritamadani.co.id – Korban berjatuhan pada hari ini, di Madyopuro Kota Malang. Dilaporkan 2 pengendara sepeda motor berboncengan dan 2 pejalan kaki tertimpa ranting pohon yang lapuk di Jl.Madyopuro, arah Kel. Cemorokandang, Kota Malang. Enam orang tertimpa dahan pohon yang  jatuh karena tiupan angin dan tiga orang terluka cukup serius. Korban terluka dilaporkan tidak bersedia diantarkan dan dirawat di rumah sakit, tetapi meminta perawatan jalan di rumah saja.

Penuturan dari  Rochman (39), pedagang buah di Jl. Madyopuro, menyampaikan kepada Awak Beritamadani.co.id. ” Banyak pengendara sepeda motor yang  kejatuhan ranting pohon, akhirnya karena korban bertambah banyak, kejadian ini  dilaporkan ke Pak Lurah Madyopuro”. “Sepertinya sekarang Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Malang melakukan penebangan pohon-pohon yang mati”.

Setelah mencari informasi ke Petugas DKP Kota Malang, konfirmasi didapatkan dari Suyitno, selaku Koordinator Lapangan se Malang Kota (5 Kecamatan,red), mengatakan.”Hari  ini DKP melakukan pemangkasan ranting pohon di Jl.Panji Suroso dan Jl.Raden Intan”.”Saat ini kita akan melakukan pemotongan pohon mati di Jalan Madyopuro, targetnya 5 pohon mati dan kita sudah dapat 2 pohon”. “Sekarang proses pembersihan ranting-ranting dan selanjutnya akan dibuang, untuk kayu dibawa ke tempat penimbunan di DKP Jl.Bingkil, Kota Malang”.

Selain itu Suyitno juga mengatakan. ”Permintaan masyarakat untuk pembersihan dahan pohon yang ada hubungannya dengan usaha atau bisnis, bukan tidak dilayani selama Bulan Ramadhan, tetapi selama Bulan Ramadhan DKP masih fokus untuk ikut menjamin keselamatan pengguna jalan dengan melakukan pemangkasan ranting-ranting terutama untuk pohon-pohon besar di jalan-jalan utama, dilihat urgensinya”, pungkas Suyitno sembari mengangkat HP, ternyata diinformasikan bahwa di depan Rumah Sakit Supraon Sukun, Malang, juga terjadi dahan pohon jatuh.

IMG_20160711_141241_1 IMG_20160711_135524

Lebih lanjut Suyitno juga menjelaskan kesalah satu Warga Madyopuro yang kebetulan mengawasi kegiatan ini.”Kegiatan tebang pohon mati di Jl. Madyopuro akan dilanjutkan kembali setelah proses evakuasi dahan pohon di Depan RS.Supraon selesai”. “Akan diagendakan kembali secepatnya”.

Perlu diketahui jenis pohon yang sering mati yang terletak di tepi-tepi jalan Kota Malang adalah Pohon Sono Kembang. Pohon ini ternyata apabila digunakan untuk penghijauan dan ditanam ditepi jalan tidak mampu bertahan lama. Bila kandungan air dan kebutuhan pupuk tidak tercukupi mudah mati. Padahal apabila dilihat dari kecepatan pertumbuhan dahan dan ranting terbilang cukup cepat, daun juga terlihat hijau menyegarkan penglihatan mata. Menurut Suyitno, DKP juga sudah minta bantuan penelitian dari salah satu universitas negeri di Malang, untuk membantu mengatasi persoalan ini, ternyata setelah saran diaplikasikan belum menunjukkan hasil yang signifikan. (Diana)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL