Halal Bi Halal Pemerintah Kabupaten Kediri

IMG-20160713-WA0012 SAM_1568

Kediri, Beritamadani.co.id – Hari Rabu, 13/7/2016, mulai Jam 8.00 Wib., diselenggarakan Acara Halal Bi Halal oleh Pemerintah Kabupaten Kediri dan Forkopimda, bersama Karyawan- Karyawati di Lingkungan Kabupaten Kediri. Para Karyawan dan Karyawati mulai pagi hari telah memadati Halaman Pendopo Kabupaten Kediri.

Karena banyaknya kendaraan, maka parkir terpaksa di luar kanan-kiri pendopo alun-alun.  Jalan masuk melalui pintu sebelah utara, para karyawan-karyawati sambil berbaris memasuki ruang pendopo, dan Bupati Kediri Hj. dr. Hariyanti  Sutrisno, beserta Suaminya H. Ir. Sutrisno turut mendampingi. Sejumlah para pimpinan menyambut para karyawan- karyawati bersilaturahmi saling memohon maaf lahir batin dan mengucapkan minal aidhin wal faidhzin, terus dilanjutkan ke ruang untuk Prasmanan yang telah disiapkan. Menu acara ini, ada soto ayam , nasi lodho dan lontong sayur. Minuman yang disediakan ada teh, kopi, mineral dan ice cream, ice cream ini yang  banyak digemari para pengunjung.

IMG-20160713-WA0011 SAM_1569

Untuk memeriahkan acara ini di depan pendopo telah disiapkan panggung hiburan musik, untuk menghibur karyawan- karyawati. Setelah bersalaman sambil menikmati hidangan. Para karyawan saling bercengkerama dengan karyawan-karyawati yang lain memadati halaman depan. Jam menunjukkan Pukul 10.00 Wib lebih, masih banyak yang hadir.

Awak BeritaMadani.co.id mengklarifikasi dengan salah satu Pujangga Kabupaten Kediri, dari Desa Doko sebagai Juru Kunci Prabu Anom, Doko, kemarin sore Pukul 16.00 Wib, bahwa telah dilakukan selamatan di pendopo terlebih dahulu, sebelum acara halal bihalal dimulai. Yang ikut selamatan sekitar 100 orang dari karyawan-karyawati Kabupaten Kediri.

Ada beberapa tumpeng, tumpeng kenceng, tumpeng kuat, tujuh nasi golong, gedhang raja setangkep, jenang sengkala dan ubo rampen (kelengkapan,red)  untuk selamatan dikandung maksud atau tujuan mengirimkan do’a kepada para leluhur yang telah tiada. Dan supaya Masyarakat Kediri dan seisinya, agar selamat serta para karyawan-karyawati diseluruh lingkungan Kabupaten Kediri selamat. Dan semoga proses  pembangunan dan kehidupan Masyarakat Kediri kedepan lebih baik. Juga diberikan kemudahan rezeki dan pembangunan di seluruh kabupaten kediri menjadi lancar untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Kediri khususnya.

IMG-20160713-WA0010

Upacara selamatan ini adalah adat- istiadat para leluhur, yang sekarang dilestarikan. Yang memberikan do’a pada selamatan tersebut adalah Juru Kunci Doko, Laminem Joyo Ngulomo. Beliau mengatakan bahwa.” Mudah-mudahan Bupati Hj.dr.Harianti Sutrisno dapat diberikan kekuatan memimpin Kabupaten Kediri dengan baik dan tidak ada halangan suatu apapun, sebab pada zaman dahulu baru kali ini bupati perempuan menjadi pemimpin di Kabupaten Kediri. Dulu pernah ada pada era Jaman Majapahit yaitu Sri Gitarja atau Tribuana Tungga Dewi, sebagai Adipati (Range,red) Daha, membawahi wilayah di sebelah timur Sungai Brantas dan Dyah Wijat adik Tribuana sebagai Adipati Panjalo, memegang wilayah sebelah barat Sungai Brantas. Dan selanjutnya Tribuana menggantikan Raja Majapahit  Jaya Negara 1328-1350 M”. (Made Sumadi)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL