Usaha Soto Ayam di Kota Malang Cukup Menggiurkan

IMG_20160408_072803

Malang,Beritamadani.co.id – Kelezatan Soto Ayam Cak Tho, sudah terkenal di Kota Malang. Kuah rasa kental gurih dengan irisan daging ayam, ditambah jerohan dan kulitan cukup menggugah selera makan dipagi hari. Yang paling Spesial Soto Cak Tho adalah dengan adanya tambahan uretan dan telor kuning (telur yang belum jadi) , dari ayam babon yang bertelor. Ayam babon ini yang merupakan bahan utama Soto Ayam Cak Tho. Berkat kepiawaian Cak Tho membuat soto ayam dengan resep yang istimewa, sekarang banyak diminati penikmat soto di Kota Malang.
Menu Soto Ayam Cak Tho, yang disajikan ada 3 jenis, yaitu soto ayam biasa, soto ayam belungan (dengan tulang), Soto ayam spesial. Soto ayam biasa terdiri dari nasi, irisan daging ayam, irisan telor, cambah kacang hijau dan koyah. Soto Ayam belungan tediri dari soto ayam biasa dengan tambahan belungan ayam (kepala, tulang iga, sayap dsb). Soto ayam spesial terdiri dari soto ayam biasa dengan tambahan jerohan, uretan, telor kuning anakan, irisan daging, cambah. Semuanya ditambah koyah. Penikmat Soto Ayam Cak Tho bisa pesan penyajiannya untuk dipisah, tergantung selera masing-masing.
Soto Ayam Cak Tho berdiri sejak Tahun 1999, pada saat itu Cak Tho berjualan di Pojok Jl.Punten, Seberang jalan depan eks. Dinas Pengairan Kabupaten Malang. Berjualan soto menggunakan rombong dengan 2 roda. Buka mulai Jam 7.00 WIB sampai Jam 14.00 WIB. Pada Tahun 2003. Pelangan terbesar Soto Ayam Cak Tho adalalah Pegawai Dinas Pengairan Kabupaten Malang, Karyawan Auto 2000, Anggota SATLANTAS, Anggota POLRESTA Malang, Guru-guru dan Masyarakat Kota Malang. Pada Tahun 2016 sekarang ini pelanggan datang dari mana-mana, baik dalam Kota Malang dan luar Kota Malang.

IMG-20160412-WA0005

Pelanggan Penikmat Soto Ayam Cak Tho, pada saat ini, dengan buka depot setengah hari (rata-rata) adalah sekitar 100 Orang, bila buka sampai jam 15.00 sore hari bisa mencapai 150 orang (Hari Minggu tutup). Omset Soto Ayam Cak Tho per minggu bisa mencapai Rp. 2.250.000,-, dalam 1 bulan bisa mencapai Rp.10.000.000,- s/d Rp 15.000.000,-, diluar penjualan minuman.
Bisnis soto ayam ini sangat menjanjikan. Selain ketersediaan bahan-bahan selalu ada di pasar tradisional. Bahan yang agak sulit didapat adalah ayam babon saja, karena harus didapatkan dengan kerjasama dengan peternakan ayam petelor atau ayam jawa. Cara pembuatannya tidak terlalu sulit. Hampir semua ibu-ibu di rumah bisa membuatnya.” Apakah anda ingin mencoba membuatnya?. Berikut kami sampaikan resep standarnya.
Resep soto ayam, bahan: bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, kunyit, jahe, daun jeruk purut, serai dan daun salam. Bahan tambahan dalam penyajian adalah penyedap “koyah”, telur ayam diiris tipis, sledri dan bawang goreng. Cara membuatnya cukup sederhana yaitu: gerus semua bahan bumbu dan sangrai sampai harum kemudian masukkan ke dalam kuah. Kuah yang diberi bumbu adalah kuah kaldu dari sebagian daging ayam dan tulang-tulang ayam yang direbus. Tambahkan gula, garam dan penyedap secukupnya. Daging ayam untuk penyajian adalah daging ayam yang telah ditiriskan dari proses pembuatan kaldu dan digoreng kering.
Apabila anda berminat mencoba usaha soto ayam dengan resep rahasia ini, silakan mampir ke Kota Malang. (Diana)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL