Ngaji Mocopat Bareng OBSSA

IMG_20160518_170150[1]

Blitar, Beritamadani.co.id – Sejak Bulan Desember 2015, sampai sekarang Omah Budaya Sawentar Samudra Asa (OBSSA), membuka pengajian umum rutinan setiap selasa malam Pukul 20.00 Wib sampai menjelang pagi hari. Program OBSSA antara lain Batik Tulis, Konsultan, Training dan Agent Crew Kapal Pesiar, Calon ABK dan Perwira Laut.
Ki Jontor Siswanto pengelola OBSSA yang sekaligus Ustadz dan Seorang Budayawan (Sekjen LPPBN) megatakan,“Tadi malam berkumpul Para Tokoh Masyarakat sekitar terdiri dari Ketua RT, Guru SMP, SMA, Ustadz, Dosen dan Mahasiswa. Mereka serius belajar Nembang (Menyanyi Lagu Jawa, red.) Mocopat yang merupakan warisan leluhur bangsa kita. Kitab-kitab yang dikaji antara lain Serat Ambya, Kidung Sarira ayu, Wulangreh, dan lain-lain. Selain Piawai Nembang Maskumambang, Mijil, Kinanthi, Sinom, Asmarandana, Gambuh, Dandang Gula, Durma, Pangkur, Megatruh, Pucung, mereka juga piawai menciptakan tembang-tembang sendiri dengan tema kekinian”.

Seperti Kidung Jangan Lodhehnya (Lagu Jawa yang berjudul Sayur Lodeh Ciptaan, red.) Ki Amang Pramu Diharjo yang malam ini dikaji (Selasa, 17 Mei 2016) adalah Potret Pelangi Nusantara, sejak lama leluhur kita sudah menjalankan sebagai Jiwa Bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika dalam Sastra Pancasila. Dalam konteks kekinian sebagai Jangan (sayur) Lodheh yang prosesnya Kompak Eco (enak, red.), Murah, Meriah, dimana-mana ada. Saling melengkapi tidak ada yang saling mendahului, tambah Ki Jontor Siswanto di tengah-tengah kesibukan mengelola OBSSA.
“Sayang sekali Generasi Muda kita masih sedikit sekali yang paham bahwa Ilmu-Ilmu leluhur kita dulu itu jangkep (genap, red.), komplit (lengkap, red.) dan hampir semua ditulis dalam sastra, tembang (lagu dalam bahasa Jawa, red.), puisi. Bagaimana anak-anak muda kita bisa mengetahui misteri rahasia rumus-rumus kejayaan masa lampau kalau cara membacanya saja tidak tahu”, pungkas Ki Jontor Siswanto diakhir wawancara dengan Wartawan Beritamadani.co.id. (Titik Marlina)

 24 total views,  2 views today

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL