Bergotong-royong Membuat Jembatan Darurat di Desa Wonodadi Kulon Pacitan

IMG-20171201-WA0001 IMG-20171201-WA0002

Pacitan, Beritamadani.co.id – Hujan lebat mengguyur Wilayah Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan, sejak Hari Senin, 27 Nopember 2017 sampai Hari Selasa, 28 Nopember 2017, menyebabkan rumah-rumah penduduk terendam air, lahan pertanian dan jalan-jalan desa di Wilayah Kecamatan Ngadirojo, beberapa lokasi mengalami kerusakan parah. Salah satunya jalan desa yang menghubungkan Desa Cangkring,  Desa Wonodadi Kulon, Desa Sumbowo dan Ngrayun Ponorogo, tidak bisa dilewati kendaraan. Aktivitas masyarakat terganggu karena jembatan yang berada di Dusun Ketos, Desa Wonodadi Kulon ambles dan putus akibat banjir.

Supaya akses jalan bisa kembali normal, Kepala Desa Wonodadi Kulon mengajak Masyarakat Desa Wonodadi Kulon dan sekitarnya melaksanakan kerja bakti, bergotong-royong membuat jembatan darurat di samping jembatan yang ambles dan putus  tersebut.

IMG-20171201-WA0004 IMG-20171201-WA0003

Kerja bakti membuat jembatan darurat ini berlangsung 2 hari mulai Hari Kamis, 30 Nopember 2017 sampai Hari Jum’at, 01 Desember 2017. Jembatan darurat ini dibuat dari batang pohon kelapa yang ditata rapi menjadi gelagar jembatan, supaya bisa dilewati kendaraan. Walaupun jembatan darurat ini sifatnya hanya sementara, namun diharapkan bisa menghidupkan kembali aktivitas dan roda perekonomian warga yang beberapa hari terakhir ini mengalami kelumpuhan.

Saat dikonfirmasi Awak Beritamadani.co.id, Misto selaku Kepala Desa Wonodadi Kulon menyampaikan, “Kami dari pihak Desa Wonodadi Kulon sudah melaporkan kejadian amblesnya jembatan ke Kecamatan Ngadirojo, Koramil dan dinas terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum Binamarga dan PU sudah meninjau lokasi jembatan ini. Karena kondisi secara umum Wilayah Kabupaten Pacitan mengalami bencana alam, kami menyadari jika proses penanganannya pun bertahap.  Harapan kami kedepan semoga jembatan ini diperbaiki seperti semula supaya menjadi jembatan yang permanen. Kami juga berterimakasih kepada Dinas PU Binamarga yang ikut berpartisipasi dalam gotong- royong membuat jembatan darurat ini”.

IMG-20171201-WA0008 IMG-20171201-WA0005

Semoga dengan adanya kegiatan kerja bakti membuat jembatan darurat di Dusun Ketos, Desa Wonodadi Kulon, Kecamatan Ngadirojo ini, bisa bermanfaat dan bisa menjadi sarana mengerakkan roda perekonomian masyarakat, yang beberapa hari terakhir ini mengalami kelumpuhan akibat bencana alam yang cukup dasyat. (Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL