Nasi Tiwul Goreng Dengan Daun Manisah Khas Cafe Prongos

IMG-20171111-WA0033 IMG-20171111-WA0030

Kediri, Beritamadani.co.id – Nasi tiwul goreng dengan daun manisah merupakan menu andalan yang paling disukai wisatawan yang disajikan di Cafe Prongos. Keunikan nasgor di sini selain nasinya dari tiwul dengan daun manisah, kita sebagai pembeli juga bisa langsung melihat proses membuatnya. Ketika proses memasak aroma khas nasi goreng tiwul menggugah selera makan kita yang mampir ke tempat wisata ini. Nasgor tiwul pedas ditambah dengan telur ceplok terasa sangat special, masakan desa ala kota, mantap sekali.

Cafe Prongos terletak di Kawasan Wisata Besuki yang berlokasi di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Cafe Prongos ini terletak diantara Kawasan Wisata Air Terjun Irenggolo dan Kawasan Wisata Air Terjun Dolo. Jarak dari pintu gerbang utama masuk Kawasan Wisata Besuki menuju Air Terjun Irenggolo sekitar 1 Km, menuju Cafe Prongos sekitar 4 Km dan menuju Air Terjun Dolo sekitar 5 Km.

IMG-20171111-WA0031 IMG-20171111-WA0035

Akses jalan menuju Cafe Prongos sudah baik. Demi keamanan di sebelah kiri jalan diberi penanda pembatas jalan karena ada jurang disebelah kiri jalan dan disebelah kanannya tebing. Sebelum kita sampai di Cafe Prongos, kita akan melewati sebuah jembatan. Jembatan ini hanya mempunyai sebuah pagar pembatas disalah satu sisinya sedangkan di sisi lainnya pagar pembatas ini langsung tebing maka jembatan ini sering disebut dengan Jembatan Jomblo.

Saat dikonfirmasi Awak Beritamadani.co.id, Iwan Kurniawan pemilik Cafe Prongos mengatakan, “Saya menjalankan cafe ini sudah sekitar 10 tahun. Dinamakan Cafe Prongos karena diambil dari nama tebing yang berada di sebelah utara jembatan, tebing itu bernama Tebing Prongos. Kami buka setiap hari, Hari Senin – Jum’at buka Pukul 08.00 WIB – Pukul 16.00 WIB, sedangkan Hari Sabtu dan Minggu buka 24 jam. Menu spesial Cafe Prongos adalah nasi tiwul goreng dilengkapi dengan daun manisah atu gondes”.

IMG-20171111-WA0038 IMG-20171111-WA0037

“Cafe Prongos juga menyiapkan fasilitas toilet dan tempat untuk berfoto atau selfi dex dengan bentuk bervariasi, ada sangkar burung raksasa, perahu titanic tradisional, bintang dan love. Awal mula ide pembuatan selfi dex ini dulunya hanya coba-coba tapi ternyata bisa menarik banyak pengunjung. Harapan saya kedepan supaya lebih diperhatikan oleh pihak-pihak yang terkait”, pungkas Iwan.

IMG-20171111-WA0036 IMG-20171111-WA0029

Keberadaan selfi dex ini bagaikan magnet yang dapat mengundang banyak pengunjung baik anak-anak, dewasa bahkan orang tua pun ikut menikmati sefi dex ini. Tidak hanya pengunjung atau wisatawan lokal saja, bahkan wisatawan mancanegarapun juga menyempatkan mampir sejenak di area selfi dex ini. Tidak lupa di area selfi dex ini dilakukan perawatan secara berkala demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengunjung.

IMG-20171111-WA0032 IMG-20171111-WA0034

Menu makanan dan minuman yang disediakan di Cafe Prongos semuanya fresh, langsung dibuat saat ada pesanan. Khususnya menu andalan yaitu nasi tiwul goreng dengan daun manisah dan lauk telur ceplok. Kita sebagai pembeli juga bisa langsung melihat proses memasaknya.

Disepanjang jalan menuju Cafe Prongos ini kita disuguhi dengan pemandangan alam ciptaan Tuhan yang luar biasa indahnya. Walaupun akses jalannya sudah beraspal, namun kita harus tetap waspada dan berhati-hati karena jalannya licin, cuaca tidak menentu dan ada beberapa tebing di sepanjang jalan rawan longsor. Demi keselamatan bersama, jangan lupa periksa kesiapan kendaraan anda. (Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL