Pemilihan Kepala Desa Klanderan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun 2016

dsc03507 dsc03527

Kab.Kediri, Beritamadani.co.id – Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, terdiri dari 2 dusun yaitu Dusun Klanderan dan Dusun Sugihwaras. Pada Hari Rabu, 28 Desember 2016, bertempat di Balai Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, mengadakan Pemilihan Kepala Desa Klanderan, dengan 3 calon kepala desa.

Adapun 3 calon kepala desa ini, antara lain: Suyitno dengan nomor urut pilihan 1, Kartiono dengan nomor urut pilihan 2 dan Cahyo Umar Guritno dengan nomor urut pilihan 3. Ketiga calon Kepala Desa Klanderan ini, duduk di kursi khusus deretan paling depan menghadap ke Panitia Pemilihan Kepala Desa dan masyarakat calon pemilih.

Tepat Pukul 08.00 WIB, acara pemilihan Kepala Desa Klanderan dimulai, dengan upacara pembukaan dipimpin oleh Ketua Panitia. Dilanjutkan dengan pemungutan suara. Semua calon pemilih sebelum memilih calon yang sesuai hati nuraninya, harus daftar dahulu kepada panitia (petugas pendaftaran per RT, red) dengan menunjukkan surat panggilan Pemilihan Kepala Desa. Setelah mendaftar (mencocokan data pemilih), kemudian surat panggilan pemilihan ditukarkan dengan Surat Suara Pemilihan Kepala Desa, di meja panitia.

dsc03552 dsc03532

Setelah mendapatkan surat suara, para pemilih menuju bilik suara untuk memberikan suaranya, dengan cara mencoblos salah satu gambar calon kepala desa pilihannya. Kemudian surat suara dimasukkan ke dalam kotak suara, lalu pemilih yang sudah mencoblos, jari tangannya diberi tanda dengan tinta berwarna biru.

Pemilihan Kepala Desa Klanderan ini berlangsung mulai Pukul 08.00 WIB, sampai dengan Pukul 14.00 WIB. Untuk mempermudah penghitungan suara, panitia mensterilkan ruangan pemilihan dengan memberi batas bambu di sekeliling tempat pemungutan suara.

Pukul 14.00 WIB, panitia menyatakan bahwa pemilihan suara telah ditutup dan memberikan penjelasan tentang petunjuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dan membacakan kriteria surat suara yang sah dan tidak sah. Dilanjutkan dengan membuka kunci gembok kotak suara lalu mengerluarkan surat suara dari dalam kotak suara dengan menunjukkan kepada para saksi dan masyarakat yang mengikuti penghitungan suara. Kemudian surat suara ditata supaya mudah dibaca.

dsc03546 dsc03540

Pukul 14.20 WIB, sampai dengan Pukul 15.50 WIB, dilaksanakan proses penghitungan surat suara dengan hasil akhir sebagai berikut:

Calon

Nama Calon

Jumlah Suara Sah

Jumlah Suara Tidak Sah

1

SUYITNO

671

34

2

KARTIONO

1042

3

CAHYO UMAR GURITNO

70

Dalam proses penghitungan suara terjadi kejar-kejaran nilai antara Calon nomer urut 2 dan Calon nomer urut 1. Akhirnya pemilihan Kepala Desa ini dimenangkan oleh Kartiono, dengan perolehan suara sebanyak 1042.

Saat dikonfirmasi Awak Beritamadani.co.id, Slamet Pramono, selaku Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Tahun 2016, menjelaskan, “Desa Klanderan terdiri dari 2 dusun yaitu Dusun Klanderan dan Dusun Sugihwaras dengan masing-masing dusun memiliki 8 RT dan 2 RW. Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 2188. Pemilih yang hadir berjumlah 1817 dengan 1783 suara sah dan 34 suara tidak sah. Sedangkan ada 371 pemilih yang tidak hadir”.

“Petugas Pemilihan Kepala Desa diambil merata per RT. Yang mendaftar DPT petugas masing-masing RT didampingi oleh Ketua RT untuk meminimalisir kesalahan. Siapapun yang terpilih harus didukung penuh karena ini merupakan pilihan rakyat khususnya Masyarakat Desa Klanderan. Alhamdulilah acara berjalan dengan lancar”, pungkas Slamet Pramono.

dsc03545 dsc06963

Selesai pengumuman hasil Pemilihan Kepala Desa, Kepala Desa terpilih Kartiono  meninggalkan Tempat Pemungutan Suara menuju kediamannya dengan pengawalan dari pihak kepolisian dan para pendukungnya.

Ditempat terpisah, Awak Beritamadani.co.id, menemui Kartiono sebagai Kepala Desa terpilih. Kartiono menyampaikan, “Perjalanan 2 bulan yang sangat melelahkan akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan. Alhamdulilah saya jadi Kepala Desa terpilih. Program saya kedepan, saya akan melanjutkan pemerintahan yang sudah baik, menuju yang lebih baik lagi. Kami akan bekerjasama dengan senior-senior yang ada di Desa Klanderan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

Sebagian Warga Desa Klanderan mengikuti jalannya proses pemilihan Kepala Desa Klanderan mulai awal, sampai selesai pengumuman hasil rekapan suara. Mereka sangat berantusias menunggu kepala desa yang baru. Ini terbukti dengan proses pemilihan kepala desa berjalan dengan kondusif. (Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL