Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Di Sumber Keduh Desa Banyuanyar Gurah Kediri

foto2718 foto2734

Kab.Kediri. Beritamadani.co.id – Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, di Kecamatan Gurah Kediri, dilaksanakan dengan menanam pohon 61 jenis tanaman teduh, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kediri. Dengan lokasi penanaman pohon penghijauan ini terletak di area sumber air di Desa Banyuanyar, yaitu Sumber Keduh.

Awak Beritamadani.co.id, mendapatkan konfirmasi dari Bapak Tambah, selaku Kepala Desa Banyuanyar, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, terkait dengan Hari Menanam Pohon Nasional, di lokasi sumber yang terletak di Desa Banyuanyar, disampaikan bahwa lokasi area sumber yang dijadikan tempat penghijauan sekitar 2 Ha.

foto2730 foto2724

Informasi lain juga didapat dari Bapak Mudin, Perangkat Desa Banyuanyar dikatakan,”Sumber Keduh terletak di Desa Besuk, tetapi sumber tersebut merupakan milik Desa Banyuanyar. Menurut sejarah keberadaan sumber ini sudah ada mulai Jaman Pemerintahan Hindia Belanda. Dan di area sumber sudah terdapat pohon besar-besar. Dengan adanya program penghijauan dan akan ditambah pohon teduh dengan jenis lainnya agar dapat memperbesar sumber air. Untuk pohonnya sudah disiapkan oleh Pemda. Kabupaten Kediri, yang diperbantukan/penyalurannya lewat Bapak Camat Gurah”.

foto2727 foto2715

Acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, di Kecamatan Gurah Kediri, dimulai sekitar Pukul 08.00 WIB, dibuka oleh Bapak H. Ahmad Wito Subagyo, SH.MSi, sebagai Camat Gurah, dengan diawali dengan bacaan Bismillah. Beliau mengatakan, “Bantuan pohon sebanyak 61 pohon jenis tanaman teduh, dengan harapan sumber air yang ada di lokasi ini bisa menjadi kantong air pada waktu musim kemarau dan penahan erosi”. Acara ini juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Gurah, Danramil, Polsek Gurah dan seluruh Kepala Desa  yang ada di Kecamatan Gurah, Ibu-Ibu PKK, Posyandu dan kelompok tani.

foto2720 foto2728

Pada kesempatan ini, Bapak Camat Gurah juga menghimbau agar desa-desa yang lain, juga bisa melakukan hal sama di desanya masing-masing. Sumber-sumber air ini sangat penting untuk pengairan pertanian yang ada di Kecamatan Gurah.

Acara Pembukaan ditutup dengan doa oleh Bapak Mudin, dari Desa Banyuanyar, setelah itu dimulai dengan acara penanaman di area sumber yang sudah disiapkan lubang-lubang penanamannya oleh pihak Desa Banyuanyar, sebelumnya. Penanaman seluruh pohon selesai sekitar Pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah. (Muji Wahyono)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL