Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Dengan Lakon “Semar Maneges” Oleh Ki Dalang Russidiq Suryo Darsono, S.Sn.

dsc06773-1 dsc06790-1

Kediri, Beritamadani.co.id – Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk dengan lakon “Semar Maneges”   digelar pada Hari Sabtu, 26 November 2016, mulai Pukul 21.30 WIB., sampai selesai, di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Kediri, untuk memeriahkan Acara Pelantikan Pengurus Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Mha Esa Indonesia (MLKI) Kota Kediri, Masa Bhakti 2016-2021.

Tepat Pukul 21.30 WIB., penyerahan gunungan dari Naen Suryono, SH., didampingi Abdullah Abu Bakar, SE., Walikota Kediri, kepada Ki Dalang Russidiq Suryo Darsono, S.Sn., disambut tepuk tangan penonton sebagai tanda dimulainya pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon “Semar Maneges”.

dsc06772-1dsc06764-1

“Semar Maneges” menceritakan tentang dilema Kyai Lurah Semar sebagai pamomong sekaligus danyang tanah Jawa, yang merasa sedih, bingung, putus asa dan marah karena melihat tingkah laku manusia di tanah Jawa. Sebagai pamomong, Semar sudah tidak kuasa lagi menghadapi para satria yang rela meninggalkan jiwa keprawiraannya demi kesenangan atau kepentingan golongan. Akhirnya dengan penuh rasa gundah, Semar “Maneges” mencari pencerahan kepada Sang Murbengrat. Ternyata memang hanya orang-orang yang mawas diri dan sadar akan kewajiban masing-masing yang akan menjaga keseimbangan kehidupan menuju kerahayu sagung dumadi.

dsc03204-1 dsc03241-1

Ditengah acara limbuk cangik, diselingi dengan campur sari. Naen Suryono, SH., menyumbangkan suara emasnya dengan membawakan salah satu Langgam Jawa. Langsung disambut dengan tepuk tangan yang meriah oleh para penonton yang menikmati pagelaran wayang kulit ini. Para penonton masih setia menyaksikan pagelaran wayang kulit semalam suntuk sampai selesai. (Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL