Pemanfaatan Dana BKD di Desa Nglumbang Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun 2016

16

Kediri, Beritamadani.co.id –  Desa Nglumbang, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, seperti desa-desa lain di Wilayah Kabupaten Kediri, telah melaksanakan pembangunan desa yang bersumber dari dana bantuan keuangan desa (BKD) untuk pembangunan saluran irigasi pertanian, pelebaran jalan dan pembangunan jembatan.

Pada Hari Rabu 16 Nopember 2016, Awak Beritamadani.co.id mengklarifikasi Kepala Desa Nglumbang Mudjitrisno, di kantor Desa Nglumbang, terkait Pembangunan irigasi pertanian dan pelebaran jalan jembatan Desa Nglumbang, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Mudjitrisno selaku Kepala Desa Nglumbang menjelaskan,”Terkait Pembangunan irigasi pertanian dan pelebaran jalan jembatan, memang benar di Desa Nglumbang memanfaatkan dana BKD 2016 dari Kabupaten Kediri. Pembangunan saluran irigasi pertanian yang dibangun dengan panjang saluran 159 m dan pembangunan pelebaran jalan jembatan, lokasi menuju jalan masuk SMPN 3 Plosoklaten, yang semula lebarnya  4 m dilebarkan mejadi 6 m”.

Lebih lanjut Mudjitrisno menjelaskan,”Maksud dan tujuan pembangunan irigasi pertanian ini adalah untuk mempermudah pengairan ke lahan-lahan sawah, dengan harapan agar dapat meningkatkan hasil panen pertanian masyarakat Desa Nglumbang. Irigasi tersebut sangat diperlukan masyarakat karena sebagian besar mata pencaharian penduduknya bercocok tanam. Dan dengan dilakukannya pelebaran jalan jembatan agar mempermudah akses jalan bagi masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian yang selama ini memang menjadi  kendala dalam pendistribusian hasil panen mereka”.

21 3

Pembangunan di Desa Nglumbang berdasarkan penjelasan Kepala Desa Nglumbang, selain 3 kegiatan pembangunan saluran irigasi, pelebaran jalan dan pembangunan jembatan, juga melakukan pavingisasi yaitu peningkatan jalan denganpemasangan paving di jalan menuju menuju ke sekolah PAUD/TK di Desa Nglumbang, sehingga mempermudah anak-anak TK untuk pergi belajar.

Dalam bidang pendidikan, Desa Nglumbang juga ikut serta berpartisipasi, yaitu dengan cara mendirikan PAUD/TK, dengan harapan agar anak-anak bisa mendapatkan pendidikan dengan baik sesuai dengan standar pendidikan nasional, sehingga mereka tidak akan ketinggakan dengan anak-anak di desa lainnya.

Pemerintahan Desa Nglumbang juga mendorong ibu-ibu PKK Dharma Wanita untuk ikut berpartisipasi dalam bidang kesehatan, yaitu dengan melaksanakan kegiatan Posyandu, yang dengan berkala mengadakan program imunisasi bagi anak-anak balita dan peningkatan gizi. Di Desa Nglumbang, pemerintah desa juga membantu penyaluran beras raskin kepada masyarakat, yang dikucurkan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. Proses penyaluran raskin ini dilaporkan sangat lancar setiap bulannya.

sunp0124 sunp0119

Dalam bidang olahraga, Pemerintah Desa Nglumbang juga telah membangun lapangan sepak bola yang berada sebelah selatan Balai Desa Nglumbang, sehingga pemuda desa dapat menyalurkan hoby olahraganya. Selain itu diharapkan akan muncul bibit-bibit yang bebakat dan berprestasi dibidang olahraga sepakbola, yang nantinya diharapkan bisa mengharumkan nama Desa Nglumbang.

Di Desa Nglumbang, untuk sarana ibadah bagi masyarakat desa yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sudah terdapat Masjid besar yang berlokasi dekat dengan balai desa, sehingga masyarakat bisa beribadah dengan baik.

Perlu diketahui juga, di Desa  Nglumbang, rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2017, telah melaksanakan Musrenbangdes dan oleh sebab itu realisasi bantuan dana dari Kabupaten Kediri pada TA.2017 sangat diperlukan untuk melanjutkan membangun desa, yang bersinergi dengan program-program pembangunan dari Pemerintah Kabupaten Kediri, sehingga Masyarakat Desa Nglumbang lebih terangkat tingkat  kesejahteraannya. (Made Sumadi, Bsc)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL