Pembangunan Desa Dengan Memanfaatkan Dana BKD Di Desa Gayam Gurah Kabupaten Kediri

untitled-2-copy untitled-12-copy

Kediri, Beritamadani.co.id– Desa Gayam terdiri dari 5 Dusun yaitu: Gayam Timur, Gayam Barat, Wonokasihan, Recoputul dan Tondowongso. Pemanfaatan Dana Bantuan Keuangan Desa di Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, dimanfaatkan untuk pembangunan sarana irigasi pertanian.

Awak Beritamadani.co.id melakukan klarifikasi dengan Susilo, selaku Kepala Desa Gayam, sehubungan dengan pembangunan irigasi pertanian tersebut.

Pembangunan irigasi ini sangat diperlukan oleh masyakarat dikarenakan masyarakat Desa Gayam sebagian besar mata pencahariannya bercocok tanam/bertani, sehingga sangat memerlukan saluran irigasi ini untuk mengairi sawah dengan baik. Sehingga dengan begitu akan meningkatkan hasil pertaniannya.

untitled-20-copy untitled-21-copy

Desa Gayam ikut serta berperan aktif dalam bidang pendidikan, yaitu dengan mendirikan PAUD/TK, yang dikelola oleh PKK Dharma Wanita. Dalam membantu masyarakat miskin, pihak desa juga menyalurkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kediri, yaitu Raskin setiap bulannya. Dalam bidang kesehatan jugat terdapat Posyandu dan pelayanan BPJS. Di dalam mengembangkan usaha kecil pihak Desa Gayam membantu penyaluran dana UKM melewati Koperasi Desa Gayam.

Kepala Desa juga mengatakan bahwa sudah melaksanakan musrenbang desa sebagai wadah untuk menampung usulan rencana pembangunan, Tahun Anggaran 2017. Dalam melaksanakan musrenbang desa, dihadiri oleh seluruh komponen masyarakat, seperti dari: PKK, Posyandu, Baperdes, Kepala Dusun di Desa Gayam dan tokoh masyarakat. Hasil dari musrengbang desa tersebut diharapkan murni dari aspirasi Masyarakat Gayam, untuk pembangunan desa.

untitled-24-copy untitled-22-copy

Selain itu Pemerintah Desa Gayam membangun sarana olah-raga yang ditujukan untuk Masyarakat Gayam, berupa lapangan sepak bola. Harapannya supaya Masyarakat Desa Gayam bisa menyalurkan hobby dan bakat olah raga, sehingga akan muncul bibit-bibit pemain sepak bola yang menonjol dan sanggup berprestasi ditingkat nasional.

Untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME. di Desa Gayam juga telah dibangun Masjid, yang terletak di samping balai desa.

Pada kesempatan ini, Kepala Desa Gayam, Susilo, juga menuturkan bahwa, secara berkala mengajak masyarakat desa untuk mengadakan kerjabakti, yang bertujuan agar di lingkungan Desa Gayam kelihatan bersih, selain itu dengan adanya kerja bakti maka masyarakat menjadi terbiasa dengan hidup gotong-royong. (Made Sumadi, Bsc)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL