Geliat Pembangunan Dan Peningkatan Pelayanan Masyarakat Di Desa Kerkep Gurah Kabupaten Kediri

sam_0984sam_0979

Kediri, Beritamadani.co.id – Geliat pembangunan dan peningkatan pelayanan masyarakat, di Wilayah Kabupaten Kediri juga terjadi di Desa Kerkep, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Pemerintahan Desa Kerkep berusaha secepatnya merealisasikan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan pelayanan untuk kepentingan Masyarakat Desa Kerkep. Dengan memanfaatkan Sumber dana berasal dari ADD dan bantuan keuangan desa lainnya.

Pada Hari Rabu, 12 Oktober 2016, sekitar Pukul 10.Wib, Awak Beritamadani.co.id bertemu dengan Bondan, selaku Kepala Desa Kerkep, Kecamatan Gurah, Kota Kediri. Pada kesempatan ini Bondan menyampaikan beberapa program pembangunan desa untuk melayani masyarakat dalam mendukung bidang pendidikan, olah-raga juga prestasi-prestasi Desa Kerkep dalam berbagai lomba tingkat kecamatan dan mendukung pelayanan bidang kesehatan, serta kegiatan sosial.

sam_0976 sam_0953

Didalam bidang pendidikan di Desa Kerkep, terdapat Sekolah TK dengan 2 kelas dan PAUD dengan 1 kelas. Sekolah TK di Desa Kerkep ini, salah satu guru TK adalah Ibu Kepala Desa Kerkep.

Selain itu dalam bidang keolah-ragaan, di Desa Kerkep telah terdapat gedung untuk pelatihan bola volly, yang dipersiapkan untuk melatih generasi muda untuk meningkatkan prestasi olah-raga bola volly. Dan hasilnya Tim Bola Volly Desa Kerkep pernah berprestasi dalam Pertandingan Bola Volly Tingkat Kecamatan Gurah.

Serta dalam bidang kesehatan dan gizi, di Desa Kerkep juga diadakan Posyandu yang didukung oleh ibu-ibu PKK Dharma Wanita Desa Kerkep. Selain itu juga menjamin kelancaran dalam menyalurkan raskin dari pemerintah kabupaten tiap bulan dan pada momen tertentu juga diadakan kegiatan sosial dengan memberikan santunan pada anak-anak yatim dan orang tua jompo.

sam_0967 sam_0970

Khususnya dibidang pembangunan infrastruktur desa, yang memanfaatkan BKD dan ADD Tahun 2016, Bondan, selaku Kepala Desa Kerkep, mengatakan,”Pemanfaatan ADD Tahun 2016 digunakan untuk pembangunan saluran irigasi untuk peningkatan hasil pertanian, pengaspalan jalan desa, pemasangan paving dan pemasangan lampu penerangan jalan”.

Lebih lanjut disampaikan oleh Bondan,“Pembangunan irigasi yang telah direalisasikan terletak di sebelah barat Balai Desa Kerkep, masuk kampung sepanjang 402 m. Skaligus melebarkan jalan yang semula lebarnya 4 meter dilebarkan menjadi 6 m. Pemasangan paving dengan kualitas K200 untuk jalan gang sebelah utara, sepanjang 104 m dan pembangunan paving yang terletak di sebelah timur balai desa di gang apel sepanjang 217 m. Dan pembangunan penahan tebing atau TPT sepanjang 310 m di sebelah timur balai desa. Juga pemasangan 14 titik lampu untuk jalan desa kira-kira sepanjang 402 m, semuanya telah selesai”.

dsc_0155 dsc_0153

Kemudian Awak Beritamadani.co.id diajak melihat hasil-hasil pembangunan di Desa Kerkep, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, diantar oleh Basori, selaku Perangkat Desa Kerkep, ke lokasi-lokasi yang telah disebutkan oleh Kepala Desa Kerkep Bapak Bondan.

Manfaat ADD Tahun 2016 ini untuk Masyarakat Desa Kerkep cukup terasa. Beberapa fasilitas infrastruktur jalan dan saluran irigasi sudah dibenahi. Penerangan jalan juga telah dipasang. Semua ini diharapkan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa. Dan dengan semakin lancarnya transportasi dan semakin meningkatnya hasil produksi pertanian diharapkan dibidang-bidang lain juga akan mengikuti dan semakin lebih baik. (Muji Wahyono)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL