Persiapan Jelang Kirab 1 Suro Di Sendang Tirto Kamandanu Desa Menang Pagu Kediri

dsc01846 dsc01833

Kediri, Beritamadani.co.id – Untuk menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1438 H (1 Suro, Jawa,red) warga di sekitar Sendang Tirto Kamandanu, Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, bekerja sama mempersiapkan diri dengan memperindah Lingkungan Sendang Tirto Kamandanu, dengan memasang spanduk, umbul-umbul, penjor dan lainnya. Karena Sendang Tirto Kamandanu merupakan tujuan terakhir rencana Kirab 1 Suro di Desa Menang.

Sudah menjadi tradisi tahunan, sesepuh Desa Menang dan Yayasan Hondodento Yogyakarta, mengadakan Kirab 1 Suro, dengan tujuan terakhir kirab, berada di Sendang Tirto Kamandanu, karena sendang ini diyakini tempat menyucikan diri Sri Aji Joyoboyo sebelum muksa.

 dsc01823dsc01821

Saat dikonfirmasi Awak Beritamadani.co.id, Imron, Wakil Ketua Panitia Kirab 1 Suro, menyatakan, “Persiapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan kirab antara lain pemasangan janur sejumlah 20 buah, dipasang  di sepanjang gapura (pintu masuk) Sendang Tirto Kamandanu dan di setiap gapura yang ada di dalam sendang. Janur sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur, umbul-umbul merupakan simbol kebesaran dan pemasangan terop untuk puncak acara kirab”.

“Sendang Tirto Kamandanu, dulu merupakan tempat mandi keramatnya Sri Aji Joyoboyo sebelum muksa. Sampai sekarang yang disakralkan airnya. Orang-orang di sekitar sini mengambil airnya. Di sebelahnya ada taman kaputren, sebagai tempat tabur bunga yang akan dilakukan 16 orang, sebagai bentuk keremajaan bagi wanita yang masih suci”, pungkas Imron.

dsc01849 dsc01814

Ditempat terpisah Awak Beritamadani.co.id menemui Yayak, seniman pembuat penjor. Yayak menyampaikan, “Saya setiap tahun membantu membuat penjor dalam Acara Kirab 1 Suro di Desa Menang ini, dengan senang hati. Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bisa menjadi bagian dalam Acara Kirab 1 Suro. Penjor itu sama dengan ucapan selamat datang. Penjor untuk menyambut tamu yang mengikuti Acara Ritual Kirab 1 Suro, yang akan dilaksanakan besok (Minggu, 02 Oktober 2016, red)”.

Acara Ritual Kirab 1 Suro, di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 02 Oktober 2016, mulai Pukul 08.00 Wib, sampai selesai, dengan rute mulai dari Balai Desa Menang menuju Pamoksan Sri Aji Joyoboyo, kemudian tujuan terakhir di Sendang Tirto Kamandanu. (Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL