Di Desa Ngasem Dana Desa Digunakan Untuk Membangun Plengsengan Dan Pengaspalan Jalan

abk3 asphaltarah-kramatan1

Kab.Kediri, Beritamadani.co.id –  Desa Ngasem termasuk Wilayah Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Pada saat ini giat membangun desa, dibawah kepemimpinan Suparngi selaku Kepala Desa Ngasem. Pembangunan di Desa Ngasem pada saat ini bersumber dari anggaran dana desa.

Pada Hari Selasa, 27 September 2016,  Awak Beritamadani.co.id berkesempatan bertemu dengan Suparngi, Kepala Desa  Ngasem, dikatakan, “Dana desa  yang dikucurkan  untuk Desa Ngasem, pada saat ini  telah digunakan untuk pembangunan talut atau lengsengan penahan tebing, yang terletak di sebelah utara  dan di sebelah selatan SDN. Songgono. Juga digunakan untuk pengaspalan jalan sepanjang 1 Km, yang terletak diantara perbatasan Desa Bangkok dan Desa Ngasem. Selain itu bantuan dana desa juga dipergunakan untuk membangun saluran irigasi sepanjang 132 m, di areal persawahan di Wilayah Desa Ngasem. Pada saat ini semua proyek  sudah selesai pembangunannya”.

Lebih lanjut disampaikan oleh Suparngi, Kepala Desa Ngasem,”Tujuan  penentuan jenis pekerjaan atau proyek yang telah direalisasikan ini, untuk plengsengan dan saluran irigasi adalah supaya sawah para petani di Desa Ngasem bisa diairi sawah-sawahnya dengan baik dan lancar, sehingga hasil-hasil pertaniannya ada peningkatan. Dan untuk perbaikan jalan, diharapkan lalu-lintas perdagangan dan distribusi hasil bumi semakin lancar”.

asphaltarahkramatan2 irigasingasem2

Perlu diketahui bahwa mayoritas masyarakat di Desa Ngasem, sebagian penduduknya menggantungkan hidup dari bidang pertanian, baik yang memiliki lahan pertanian maupun buruh tani. Selain itu Masyarakat Desa Ngasem juga menekuni bidang perdagangan dan jasa, juga ada yang bekerja pada bidang pemerintahan dan instansi swasta.

Dengan adanya pembangunan yang bersumber dari anggaran dana desa, sesuai kebijakan pemerintah pusat, dibawah Kepemimpinan Bapak Jokowi, geliat masyarakat untuk ikut serta membangun desa semakin meningkat. Lapangan pekerjaan pada saat pembangunan juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk terlibat langsung, sehingga ada penghasilan tambahan selama pembangunan.

Harapan Masyarakat Desa Ngasem yang disampaikan kepada www.beritamadani.co.id, pembangunan desa diharapkan terus berkelanjutan, sehingga ekonomi masyarakat desa semakin meningkat, khususnya untuk Desa Ngasem. Selain itu masyarakat berharap pengelolaan keuangan desa tetap harus transparan, dan harus dapat dipertanggungjawabkan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat di Desa Ngasem. (Muji Wahyono)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL