Lomba Administrasi UP2K PKK Kecamatan Pesantren Kota Kediri

img-20160922-wa0026 img-20160922-wa0029

Kediri, Beritamadani.co.id – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan bagi kader PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) untuk membina kelompok usaha ekonomi keluarga, maka sesuai dengan Program Kerja Pokja II Tim Penggerak PKK Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun 2016, mengadakan lomba Administrasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, pada Hari Kamis, 22 September 2016, bertempat di Panti PKK Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

Lomba yang semula diagendakan mulai Pukul 08.30 Wib, namun Pukul 09.15 Wib baru dimulai. Acara lomba ini dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan, Indonesia Raya dan Mars PKK, sambutan dari Ketua TP PKK Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Do’a baru pelaksanaan lomba. Dalam sambutannya, Tri Ita Eko Lukmono Hadi, SE, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Pesantren, Kota Kediri menyampaikan, “Nantinya untuk lomba administrasi ini akan diambil 3 terbaik untuk mewakili Kecamatan Pesantren yang akan dikirim ke tingkat Kota Kediri. Administrasi UP2K merupakan bagian dari Pokja II. Jadi nanti semua kegiatan baik pendidikan maupun keterampilan yang ada di kelurahan bisa dibiayai oleh UP2K. Jadi tidak harus meminjam di koperasi. Dengan adanya UP2K ini ibu-ibu bisa meminjam di kelurahan masing-masing. Diharapkan administrasi PKK di kelurahan bisa komplit. Jangan yang baru-baru saja dan jangan sampai administrasi UP2K yang lama ditinggalkan. Karena itu berkelanjutan. Meskipun itu sudah vakum, paling tidak itu diteruskan lagi. Walaupun dengan modal Rp. 500.000,- itu bisa berkembang lebih banyak. Seperti kata pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Itu nanti menjadi tanggungan ibu-ibu di Kelurahan. Kita tidak harus kerja dikantoran. Kalau kita mempunyai keterampilan merajut, membuat manik-manik bisa pinjam modal dari UP2K. Semoga dengan lomba UP2K PKK ini bisa menjadi tolok ukur UP2K Kelurahan”.

Kemudian acara dilanjutkan dengan rangkaian lomba Administrasi UP2K PKK. Peserta lomba merupakan perwakilan dari 15 kelurahan yang ada di Kecamatan Pesantren. Setiap peserta harus bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri dan sekaligus diperiksa kelengkapan administrasinya.

Kriteria lomba ini setiap peserta dari perwakilan kelurahan harus mempunyai Buku Baku (antara lain buku kas, buku pinjaman, buku angsuran, IP, Simpanan Pokok, Simpanan Sukarela), SK UP2K-PKK, Laporan Perkembangan UP2K-PKK dan Buku Pengembangan (antara lain buku tamu, buku hadir, buku anggota, buku pengurus, buku bantuan dana dan buku IP).

img-20160922-wa0022 img-20160922-wa0023

Dewan juri dalam lomba adminisitrasi UP2K PKK ini Bu Sukarji, Bu Sunaryono dan Bu Sri Erningsih. Acara ini selesai tepat Pukul 12.00 Wib, diakhiri dengan pengumuman dan penyerahan piala.

Lomba ini diambil 3 terbaik yang mewakili tingkat Kecamatan maju ke tingkat Kota Kediri. Berikut kami sajikan urutan terbaik dari lomba administrasi UP2K PKK Kecamatan Pesantren yang maju ke tingkat Kota Kediri mewakili Kecamatan Pesantren.

Terbaik

Hadiah

Asal

Terbaik I

Piala dan uang pembinaan Rp. 500.000,-

Kelurahan Tinalan

Terbaik II

Piala dan uang pembinaan Rp. 400.000,-

Kelurahan Burengan

Terbaik III

Piala dan uang pembinaan Rp. 300.000,-

Kelurahan Blabak

(Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL