Jalur JLS Lewat Desa Hadiwarno Menuju Kota Pacitan Tutup Total

img-20160916-wa0010img-20160916-wa0003

Pacitan, Beritamadani.co.id – Wilayah Kecamatan Ngadirojo, Kecamatan Tulakan dan Kecamatan Kebonagung diguyur hujan sejak Kamis sore kemarin. Hujan ini menyebabkan tanah longsor di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan. Tumpukan material longsor menyebabkan akses jalan menuju Pacitan kota tutup total. Walaupun sudah ada terasiring dan drainase, namun karena struktur tanah yang banyak menyimpan air dan terasiring tidak kuat menahan beban maka terjadilah musibah tanah longsor secara mendadak.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun warga khususnya yang berdomisili di pinggir lereng bukit harus selalu waspada dan hati-hati untuk menjaga hal-hal yang tidak diharapkan.

img-20160916-wa0002 img-20160916-wa0009

Saat Crew Beritamadani.co.id tiba di lokasi jalan yang tertimbun tanah longsor, Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung dan Team dari PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) JLS (Jalur Lintas Selatan) sudah terjun langsung ke lokasi untuk meninjau lokasi tempat longsor.

Waktu ditemui Awak Beritamadani.co.id, Mujono selaku Kepala Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung menuturkan, “Musibah tanah longsor ini terjadi tadi malam sekitar Pukul 22.00 Wib karena hujan deras semalam mulai sore. Jalan yang tertimbun tanah longsor sekitar 100meter. Listrik padam dan signal tidak ada. Tapi kami langsung laporan ke tramtib kecamatan dilanjutkan ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah)”.

Ditempat terpisah, Agus selaku PPK JLS menyampaikan, “Laporan dari warga sudah langsung direspon dan ditindaklanjuti. Pagi ini langsung dikerjakan. Diusahakan dikerjakan sampai selesai. Wilayah Pacitan memang banyak yang longsor. Kami menghimbau kepada warga, kalau membuat jalan masuk jangan memakai beton tapi memakai besi”.

img-20160916-wa0008 img-20160916-wa0007

Walaupun sudah dipasang tanda peringatan, tetapi masih banyak warga yang penasaran dan melihat langsung ke lokasi kejadian longsor. “Longsor total terjadi sekitar Pukul 22.00 Wib, sebelumnya sudah longsor tapi hanya sedikit dan tidak menutup jalan, tidak seperti sekarang ini”, tutur Imam warga Dusun Gayam, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung.

Warga berharap perbaikan jalan yang tertimbun tanah longsor segera selesai, karena besok ada Pasar Kliwon di Dusun Gayam. Dan jalur ini merupakan akses jalur utama dari Lorok menuju Pacitan. (Widya)

Share This:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL