Berternak Sapi Membawa Rizqi

dsc05592 dsc05588

Kediri, Beritamadani.co.id – Ada banyak usaha yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Salah satunya dengan beternak dan jual-beli sapi seperti yang dilakukan oleh Hadi Sugito Warga RT.03 RW.03, Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri.

Belajar dari pengalaman orang tua beternak dan jual beli sapi, akhirnya mulai tahun 2001 dia belajar mandiri menekuni usaha ternak dan jual beli sapi. Dari ketekunan, kegigihan dan keuletannya, Hadi Sugito patut menjadi teladan bagi generasi muda. Karena diusianya yang baru menginjak 38 tahun ini, dia sudah bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi sebagian masyarakat yang kurang beruntung. Hasil dari beternak, sapi-sapi itu dijual di rumah dan di Pasar Hewan Brenggolo, Pagu, Muning.

dsc04854 dsc055851

Momen Idul Adha ini membawa berkah tersendiri bagi Hadi Sugito. Jika dalam kesehariannya bisa menjual 2 sampai 5 ekor sapi namun di  momen Idul Adha ini dia bisa menjual 5 sampai 10 ekor sapi perhari. Yang paling ramai mulai H-10 Idul Adha.

Saat dikonfirmasi Awak Beritamadani.co.id, Hadi Sugito menyampaikan, “Saya usaha ternak dan jual beli sapi ini selain untuk mencukupi kebutuhan keluarga juga untuk membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Misalnya saya menitipkan satu ekor sapi kepada si A untuk diopeni (dirawat), nanti kalau sudah layak jual, sapinya dijual dan keuntungan yang didapatkan dibagi antara saya dan si A dengan mengurangi terlebih dahulu modal yang saya keluarkan untuk membeli sapi diawal”.

dsc05586 dsc05597

“Harga satu ekor sapi sekitar Rp. 16.000.000,- sampai Rp. 30.000.000,-. Saya mengambil keuntungan sedikit tidak apa-apa yang penting usaha saya lancar, setiap hari ada sapi yang laku terjual”, pungkas Hadi Sugito.

Kalau hari biasa, Hadi Sugito menyiapkan sapi untuk bibit dan juga bisa untuk persediaan kurban tahun depan. Namun khusus dimomen Idul Adha ini, sapi yang dijual khusus untuk dijadikan hewan kurban. Tidak perlu diragukan lagi, sapi-sapi yang dijual dalam kondisi yang sehat dan sesuai syariat Islam. Makanan sapi inipun asli dari alam, misalnya dari rumput gajah dan daun-daun yang segar. Apabila ingin membeli bibit sapi yang unggul dan membeli sapi untuk kurban dengan mutu dan kwalitas yang terjamin, silahkan datang langsung di rumah ternak milik Hadi Sugito.(Widya)

Share This:

You may also like...

1 Response

  1. Rifai k says:

    Berita yg bagus semoga bisa memberi inspirasi bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Positive SSL